trubus.id
Mahasiswa dari 7 Negara Pelajari Biodiversitas Belitong Park Saat Summer Course di IPB University

Mahasiswa dari 7 Negara Pelajari Biodiversitas Belitong Park Saat Summer Course di IPB University

Thomas Aquinus - Selasa, 05 Nov 2019 09:00 WIB

Trubus.id -- Mahasiswa program sarjana dan pascasarjana dari tujuh negara, Jepang, Thailand, Inggris, Malaysia, Australia dan Indonesia, mengikuti Summer Course yang digelar oleh Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) bekerjasama dengan MCSTO IPB University, Belitong Geopark, Pemerintah Kabupaten Belitung dan Nottingham University, beberapa waktu lalu.

Mahasiswa peserta Summer Course ini berasal dari Osaka University-Jepang, Kasetsart University-Thailand, Nottingham University-Inggris, Universiti Putra Malaya-Malaysia, Western Sydney University-Australia, dan IPB University-Indonesia. Kegiatan ini juga diikuti oleh 10 siswa-siswi SMA Negeri 1 Tanjungpandan, Belitung.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan keragaman hayati Belitung dan segala potensinya termasuk daya tarik pariwisata. Setiap harinya, mahasiswa diajak untuk belajar di satu Geosite. Pada hari pertama, peserta mengekplorasi keragaman Kantong Semar yang ada di kawasan Hutan Kerangas Cendil dan open pit Klapa Kampit, yang dipandu oleh Dr. Triadiati dari Divisi Fisiologi dan Genetika Tumbuhan, Departemen Biologi, FMIPA IPB University serta Dr. Yulian Fakhrurrozi dari Belitong Geopark,” ujar Ketua Departemen Biologi, Dr Miftahudin dalam keterangan resmi yang diterima Trubus.id, Senin (4/11).

Baca Lainnya : Gali Ilmu Sains Kaum Milenial, IPB University Gelar Pesta Sains Nasional

Selain itu, Dr Rika Raffiudin, dosen IPB University yang merupakan ahli lebah tak bersengat, juga turut memandu mahasiswa untuk belajar teknik kultivasi lebah, di Pantai Tanjung Kelayang. Tak hanya mengamati perilaku dan sarang lebah, mahasiswa juga dapat mencicipi madu, langsung dari sarangnya.

Dr. Puji Rianti, dosen IPB University dari Divisi Fisiologi dan Perilaku Hewan juga mengajarkan mengenai sustainable tourism dan biodiversitas hewan. Di kawasan ini peserta mengeksplor hewan darat maupun akuatik di sepanjang perjalanan menuju bukit. Di malam hari, peserta juga diajak untuk melihat secara langsung primata terkecil di dunia, Tarsius, langsung di habitat aslinya.

Baca Lainnya : Mahasiswa IPB University Belajar Identifikasi Terumbu Karang

Setelah puas menjelajah bukit, Dr. Laura Dean dari Department of Life Sciences, Nottingham University-Inggris, memandu peserta untuk sampling organisme akuatik di pantai Batu Bedil. Organisme yang dijumpai diantaranya adalah moluska, serangga, kupu-kupu, burung, invertebrata bentik, dan laba-laba.

“Kegiatan ini sangat penting untuk edukasi biodiversitas Belitung, baik untuk peserta maupun masyarakat lokal agar lebih peduli dan cinta dengan alam. Kegiatan ini juga dapat menjadi inisiasi kerjasama antara Nottingham University dan Pemerintah Kabupaten Belitung,” ujarnya. 

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

01 April 2020
31 Mar 2020
31 Mar 2020

Baca Juga

Berita Lainnya