trubus.id
Kemenko PMK Dukung WPSC Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Cilacap

Kemenko PMK Dukung WPSC Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Cilacap

Thomas Aquinus - Senin, 04 Nov 2019 12:30 WIB

Trubus.id -- Asisten Deputi (Asdep) Keolahragaan Kemenko PMK, Gatot Hendrarto berharap Widarapayung Surfing Compertition (WPSC) 2019 di pantai Widarapayung Cilacap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan olahraga melalui rekreasi selancar. 

"Harus diakui Cilacap sebagai Kabupaten yang berada di pantai selatan memiliki potensi pantai dan ombak yang menjanjikan bagi pengembangan olahraga selancar. Olahraga selancar yang memang sangat identik dengan rekreasi pantai tentunya dapat dijadikan daya Tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Cilacap, yang kemudian diharapkan akan berkembang olahraga pantai lainnya yang memang digandrungi para wisatawan," terang Gatot.

Dilansir dari laman Kemenko PMK, WPSC 2019 sendiri merupakan penyelenggaraan kompetisi selancar pertama tingkat Internasional yang diselenggarakan di pantai Widarapayung dan kedepannya akan dijadikan sebagai agenda rutin tahunan Pemerintah Kabupaten Cilacap. WPSC 2019 diikuti lebih dari 70 peselancar tingkat nasional dan internasional.

Baca Lainnya : BNPB Berikan Pendampingan dan Pemasaran Kepada Kelompok Terdampak Bencana

Kemenko PMK, lanjut Gatot, sejak awal terlibat dalam penyiapan WPSC 2019 bersama Kemenko Maritim, Kementerian Pariwisata, BNPB, dan Pemerintah Kabupaten Cilacap. Perlibatan lintas sektor dalam penyelenggaraan WPSC ini menjadikan WPSC sebagai bentuk kegiatan terpadu untuk mendorong pembangunan di Kabupaten Cilacap, khususnya melalui sektor pariwisata.
 
Gatot memandang, bahwa pengembangan olahraga rekreasi sangat strategis bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ini juga membuktikan bahwa olahraga bukan hanya perihal kebanggaan dan kesehatan semata namun juga memiliki daya ungkit yang besar bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Lainnya : 1.500 Mahasiswa Disiapkan Kementan Lakukan Pendampingan Terhadap Petani
 
Sehari sebelum WPSC diselenggarakan, Kemenko PMK melaksanakan kegiatan koordinasi teknis pembangunan keolahragaan yang disinkronkan dengan pelaksanaan technical meeting WPSC 2019.

Pada kegiatan yang diikuti oleh para peselancar peserta, beserta para pejabat Pemerintah Kabupaten Cilacap, serta para pihak yang terkait di lapangan termasuk para pedagang di pantai Widarapayung, disampaikan dan disepakati betapa pentingnya pengembangan olahraga selancar sebagai bagian dari pengembangan olahraga rekreasi. Untuk itu semua pihak akan mendukung penuh penyelenggaraan WPSC 2019 dan mengharapkan menjadi kegiatan rutin tahunan.

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020