trubus.id
Festival Kerinci 2019, Ciptakan Rekor Petik Teh Terbanyak

Festival Kerinci 2019, Ciptakan Rekor Petik Teh Terbanyak

Hernawan Nugroho - Senin, 04 Nov 2019 09:00 WIB

Trubus.id -- Catat gelaran menarik ini, Trubus Mania. Kabupaten Kerinci kembali mengelar event nasional, Festival Kerinci di Bumi Sakti Alam Kerinci. Jadwalnya event tersebut akan dimulai dari tanggal 3 hingga 7 November 2019 mendatang. Namun rangkaian acaranya sendiri akan dimulai dengan beberapa kegiatan pra event Festival Kerinci, yakni mulai tanggal 1 November.

Menurut WisataKita, Salah satu dari rangkaian panjang Festival Kerinci, di antaranya arum jeram di Sungai Batang Merangin. Kegiatan ini dimulai pada masa pra Festival Kerinci pada 1 November, dan berakhir pada 5 November. Arum jeram akan diikuti peserta dari 24 Provinsi di Indonesia.

Baca Lainnya : Ini Dia 4 Desa Wisata Berkelanjutan di Indonesia yang Masuk Top 100 Dunia

Atraksi Paralayang juga ikut memeriahkan pembukaan Festival Kerinci 2019 pada tanggal 3 November. Pembukaan Festival Kerinci 2019 berpusat di Dermaga Danau Kerinci. Selain paralayang ada juga beberapa kesenian dan budaya khas Jambi ditampilkan dalam acara pembukaan tersebut. 

Selain itu, Festival Kerinci 2019 juga akan menciptakan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), yaitu dalam kegiatan memetik daun teh. Direncanakan, kegiatan memetik daun teh massal ini akan melibatkan 3.500 orang, dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupetan Kerinci. Kegiatan ini akan dilakukan di perkebunan teh PTP VI Kayu Aro.

Bagi yang belum tahu, Kerinci juga menjadi salah satu penghasil teh terbaik di Indonesia. Produksi teh terbanyak di Kerinci adalah teh kayu aro, yang merupakan sejenis teh hitam dengan aroma yang lebih kuat. Perkebunan teh kayu aro pertama kali dibuka saat era kolonial Belanda di lahan sama yang memiliki luas 3.000 hektar.

Baca Lainnya : Sadar Pariwisata, Indahnya Pantai Kayu Angin Hasil Gotong Royong Warga

Bahkan, kenikmatan teh dari Kerinci ini diminati oleh orang-orang ternama di dunia,  seperti Ratu Beatrix dari Belanda, hingga Ratu Elizabeth II dari Inggris. Setidaknya, perkebunan teh Kerinci menghasilkan sekitar 80 ton daun teh basah per harinya.

Jadi, jangan sampai melewatkan keindahan Danau Kerinci yang dibalut dengan budaya khas di Festival Kerinci 2019.

Editor : System

Berita Terkait

21 Nov 2019
21 Nov 2019
20 Nov 2019

Baca Juga

Berita Lainnya