trubus.id
Pesta Halloween Dapat Tinggalkan Jejak Karbon, Berikut Tips Pesta yang Ramah Lingkungan

Pesta Halloween Dapat Tinggalkan Jejak Karbon, Berikut Tips Pesta yang Ramah Lingkungan

Thomas Aquinus - Minggu, 03 Nov 2019 17:00 WIB

Trubus.id -- Liburan dan perayaan dapat merusak lingkungan. Antara pemborosan dan konsumsi, perayaan Halloween dapat meninggalkan jejak karbon dalam kapasitas yang besar. Namun dengan sedikit perencanaan, liburan kamu bisa menyenangkan dan ramah lingkungan pada saat bersamaan.

Bebas plastik
Untuk kostum Hallowen, kamu dapat berbelanja di toko setempat atau buat sendiri sehingga kamu dapat melihat komponen plastik dan menghindari pengiriman kemasan. Buat kostum dari serat alami seperti katun organik atau rami. Gunakan aksesori dari logam atau kayu. Ganti ember plastik trik-or-treat dengan sarung bantal atau tas belanja yang bisa digunakan kembali.

Dekorasi serba guna
Kamu bisa menggunakan dekorasi yang dapat digunakan sepanjang musim gugur daripada hanya sampai Halloween. Bal jerami, stok jagung, labu, labu dan tanaman pot menciptakan tampilan yang ramah di pintu depan yang berkelanjutan dan mengundang melewati Thanksgiving. 

Baca Lainnya : Halloween Tiba, Begini Cara Menerangi Labu Jack-O-Lantern dengan Cara yang Ramah Lingkungan

Makanan nabati organik
Liburan untuk merayakan bersama teman-teman dan Halloween adalah waktu yang tepat untuk mengundang penyihir kamu ke pesta. Pastikan pesta Haloowen kamu  terbuat dari bahan organik (tidak ada pestisida dan racun lain di air dan tanah), makanan nabati (tanpa jejak karbon dari produksi daging). Buat saus taco dengan batu nisan tortilla, kue labu yang menggemaskan.

Tanpa limbah
Menggunakan piring dan peralatan tanpa plastik merupakan awal yang baik.  Hindari juga membuang kostum kamu di akhir liburan dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat didaur ulang seperti kardus atau simpan pakaian untuk acara lain. Pastikan untuk menyumbang atau menjual kembali barang-barang bekas kamu.

Baca Lainnya : Halloween Usai, Miliaran Ton Labu Berakhir Jadi Limbah Makanan

Potong tagihan listrik
Kamu dapat menikmati pesta Halloween tanpa lonjakan penggunaan listrik dengan membuat beberapa perubahan sederhana. Lewati acara TV dan musik dan pertimbangkan untuk memotong listrik secara bersamaan. Halloween adalah kesempatan yang tepat untuk membawa pesta ke luar untuk merayakan di sekitar api kayu di bawah bintang-bintang dan bulan panen.

Halloween adalah salah satu hari libur yang menyenangkan, tanpa harus memberikan dampak buruk pada lingkungan. Kamu bisa berikan contoh untuk anak-anak, tamu, dan tetangga kamu melalui dekorasi, kostum, dan ide pesta yang dapat menginspirasi mereka untuk menjadikan Halloween juga dapat bersahabat dengan lingkungan.

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020