Para Ilmuwan Ungkap Kenapa Jaring Laba-Laba Tidak Mudah Busuk

Thomas Aquinus - Minggu, 03 Nov 2019 15:00 WIB

Trubus.id -- Sebuah studi baru menunjukkan jaring laba-laba dapat bertahan berjam-jam hingga berminggu-minggu tanpa membusuk. Hal tersebut karena bakteri yang akan membantu dekomposisi tidak dapat mengakses nitrogen sutera, nutrisi yang dibutuhkan mikroba untuk pertumbuhan dan reproduksi.

Dilansir dari Science News, penelitian dalam Journal of Experimental Biology yang dilaporkan pada 23 Oktober telah mengisyaratkan bahwa jaring laba-laba mungkin memiliki sifat antimikroba yang langsung membunuh bakteri.

Para ilmuwan "menantang sesuatu yang telah diabaikan secara signifikan," kata Jeffery Yarger, seorang ahli biokimia di Arizona State University di Tempe, yang tidak terlibat dalam penelitian. "Kami hanya berasumsi [sutra] memiliki semacam sifat antimikroba standar."

Baca Lainnya : Geli, Laba-laba Pertapa Cokelat Ini Betah di Telinga Seorang Wanita Kansas

Laba-laba memintal jaring untuk menjebak makanan, membungkus telur dan rappel mereka. Jaring sutera mereka dapat menggunakan puing-puing daun untuk kamuflase di tengah-tengah kanopi pohon atau sisa serangga mati untuk dimakan nantinya. Potongan-potongan akan memikat bakteri dan jamur yang terlibat dalam dekomposisi ke jaring, mengekspos jaring-jaring yang kaya protein pada mikroba.

"Tapi [mikroba] tampaknya tidak memengaruhi sutra laba-laba," kata Dakota Piorkowski, ahli biologi di Universitas Tunghai di Taichung, Taiwan.

Untuk memeriksa apakah sutra itu mematikan bakteri, tim Piorkowski menempatkan benang dari tiga spesies laba-laba tropis - penenun bola emas raksasa (pil Nephila), laba-laba serigala rumput (Hippasa holmerae), dan laba-laba tenda rumah (Cyrtophora moluccensis) dalam cawan dan menumbuhkan empat jenis bakteri, termasuk E. coli, dalam garis tegak lurus melintasi sutera.

Baca Lainnya : Perubahan Iklim Sebabkan Laba-laba Makin Agresif

"Idenya adalah bahwa jika sutra memiliki sifat antibakteri, Anda seharusnya tidak melihat pertumbuhan antara potongan sutra dan ... bakteri," kata Piorkowski.

Para peneliti tidak menemukan adanya bukti dari “zona bening” bakteri mati di tempat-tempat di mana bakteri bersentuhan langsung dengan sutra. Jadi tim kemudian menguji apakah sutera menahan bakteri lapar dengan menghalangi mereka dari cadangan nitrogennya.

Membasahi benang sutera dengan berbagai macam larutan nutrisi menunjukkan bahwa bakteri siap tumbuh pada ketiga jenis sutera laba-laba ketika nitrogen tambahan tersedia. Itu menunjukkan bahwa bakteri mampu tumbuh dan mungkin membusuk sutra, selama benang itu sendiri bukan satu-satunya sumber nitrogen.

Baca Lainnya : Mata Mikroskopis Bayi Laba-laba Ini Sama dengan Kemampuan Fokus Mata Dewasa

Para peneliti berhipotesis bahwa lapisan luar lemak atau protein kompleks pada sutera dapat menghalangi akses bakteri ke nitrogen.

Randy Lewis, seorang ahli biologi sutra laba-laba di Universitas Negeri Utah di Logan, memperingatkan agar tidak mengesampingkan fitur antibakteri di semua sutra laba-laba. Jaringan bawah tanah tarantula misalnya, dapat menghadapi lingkungan yang banyak terdapat dalam mikroorganisme dibandingkan dengan yang dialami oleh laba-laba pemintalan udara dari udara, katanya, dan mungkin memerlukan perlindungan ekstra.

Editor : Thomas Aquinus