trubus.id
Peristiwa » KTT Iklim Bakal Digelar di Madrid Desember, Aktiv...
KTT Iklim Bakal Digelar di Madrid Desember,  Aktivis Greta Thunberg Diperkirakan Bakal Hadir

KTT Iklim Bakal Digelar di Madrid Desember, Aktivis Greta Thunberg Diperkirakan Bakal Hadir

Astri Sofyanti - Sabtu, 02 Nov 2019 19:00 WIB

Trubus.id -- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Iklim Global Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang akan berlangsung pada Desember 2019 ini batal digelar di Chile. Rencananya kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Madrid 2-13 Desember 2019.

Presiden Chile Sebastián Piñera mengumumkan, pada Rabu lalu bahwa Chile membatalkan rencana untuk menjadi tuan rumah KTT iklim yang akan dihadiri oleh para pimpinan se Asia Pasifik ini, mengingat adanya protes besar-besaran yang dilakukan selama berminggu-minggu ini setidaknya telah menewaspan belasan warga.

Pembatalan ini membuat kantor Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah pada Kamis lalu, dan mengirim delegasi dari seluruh dunia bergegas untuk mengubah rencana perjalanan mereka.

Baca Lainnya : Disney Conservation Fund Sumbang US$6 untuk Kelestarian Lingkungan di Borneo

Konferensi ini bertujuan untuk menyempurnakan rincian implementasi pakta iklim dari Perjanjian Paris yang penting, di tengah seruan untuk tindakan segera dari kelompok lingkungan dan pengunjuk rasa iklim. Chile akan menjadi ketua pembicaraan iklim saat berada di Madrid.

"Kami akan terus memperkuat pekerjaan yang dilakukan dengan pemahaman bahwa pembangunan sosial dan lingkungan berjalan seiring," demikian dikatakan Menteri Lingkungan Chile Carolina Schmidt di Twitter mengutip Reuters.

Aktivis muda asal Swedia Greta Thunberg (Foto: abcnews)

Aktivis muda Swedia Greta Thunberg diperkirakan bakal hadir pada konferensi tersebut. Sebelumnya, Thunberg melakukan protes iklimnya telah membantu menginspirasi puluhan ribu anak muda turun ke jalan, menuntut upaya lebih besar dari para pemimpin dunia.

Aktivis muda yang baru berusia remaja itu menempuh perjalanan dari Inggris ke New York dengan menggunakan perahu layar pada awal tahun ini, dan berencana untuk melakukan perjalanan darat ke Santiago untuk berbicara pada pertemuan tersebut. Thunberg awalnya menolak untuk terbang karena jejak karbonnya yang besar. Namun setelah KTT Iklim dialihkan ke Madrid, Thunberg akhirnya meminta bantuan.

"Ternyata aku sudah melakukan separuh perjalanan keliling dunia, dengan cara yang salah. Sekarang saya perlu menemukan cara untuk menyeberangi Atlantik pada bulan November. Kalau ada yang bisa membantu saya menemukan transportasi saya akan sangat berterima kasih," tulisnya di Twitter.

 

Editor : Astri Sofyanti

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020