trubus.id
Ajak Masyarakat Selamatkan Lingkungan, 5 Mahasiswa IPB Ciptakan Aplikasi SaNa

Ajak Masyarakat Selamatkan Lingkungan, 5 Mahasiswa IPB Ciptakan Aplikasi SaNa

Syahroni - Jumat, 01 Nov 2019 19:30 WIB

Trubus.id -- Peran mahasiswa sebagai agen perubahan sangat dibutuhkan bagi lingkungan. Berlandaskan hal itu juga, 5 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat aplikasi yang diberi nama SaNa (Savior of Nature).

Kelima mahasiswa tersebut adalah Alfiansyah Nur Zufa, Adila Lidinillah, Fanny Rifqi Al-Farizzi, M. Hafizh Maulana, dan Sekar Ayu Ramadhan. Mereka merupakan mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University program studi Manajemen Informatika.

Dengan karyanya, Adila dan kawan-kawan berhasil memboyong Juara 3 di Innovative Technology Competition App Development tahun 2019, yang digelar di Universitas Padjajaran, Bandung, 12 Oktober silam.

“Aplikasi SaNa adalah aplikasi yang berbasis mobile dengan tujuan mengajak masyarakat sebagai penyelamat lingkungan melalui aksi donasi dan volunteering. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur komunitas, challenge dan event,” ungkap Adila.

Adila mengaku, aplikasi SaNa dirancang dengan alasan kondisi lingkungan yang menurun sehingga berpotensi mengancam kelestarian makhluk hidup di bumi.

Keunggulan dari aplikasi SaNa, lanjut Adila, terdapat desain user interface yang dapat digunakan oleh publik untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan donasi dan volunteering. Jangkauan wilayah konservasi yang disediakan pada aplikasi SaNa ini sangat luas, sehingga dapat menghubungkan berbagai komunitas pecinta lingkungan untuk saling berinteraksi.

Tak hanya itu, ada juga keunggulan lainnya. Salah satunya adalah pengguna akan mendapat reward berupa poin dari setiap aktivitas yang dilakukan. Nantinya, koin tersebut bisa ditukarkan dengan merchandise, tiket kegiatan, maupun produk lainnya dari aplikasi SaNa.

Ke depannya, Adila dan teman-temannya akan melakukan peningkatan fungsionalitas aplikasi melalui pemrograman dan database serta pembaharuan workspace yang lebih menyenangkan.

“Kami berharap bisa menjalin kerjasama dengan dinas setempat, pengusaha maupun komunitas yang bergerak di bidang lingkungan. Nantinya aplikasi SaNa akan dilaunching secara resmi di playstore supaya masyarakat lebih peduli dan mencintai kelestarian lingkungannya,” pungkas Adila. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020