trubus.id
Gulai Nanas, Gulai Vegetarian asal Pontianak

Gulai Nanas, Gulai Vegetarian asal Pontianak

Hernawan Nugroho - Kamis, 31 Okt 2019 14:30 WIB

Trubus.id -- Gulai Nanas atau Pacri Nanas adalah gulai versi vegetarian asal Pontianak. Masakan gulai yang lazimnya berbahan baku daging, malah menggunakan nanas sebagai gantinya.

Siapa yang tidak mengenal buah nanas? Buah berdaging kuning, berasa manis asam segar ini disukai banyak orang. Selama ini nanas umum dikonsumsi sebagai buah potong, campuran rujak buah, acar, dan juga diolah menjadi selai atau keripik nanas. Namun, menurut Kulineri, di Pontianak nanas malah digulai dan rasa sangat nikmat.

Baca Lainnya : Liburan ke Sumatra Utara, Jangan Lupa Cicip Es Campur Kalimantan di Kota Binjai

Banyak orang yang kurang terbiasa memakan buah dengan nasi secara bersamaan. Padahal, di berbagai daerah, kuliner yang memadu-padankan nasi dengan buah, seperti nasi dengan mangga, atau nasi dengan durian – merupakan sajian populer.

Pacri nanas adalah masakan khas Melayu yang terbuat dari potongan-potongan buah nanas yang diberi bumbu gurih dan lezat. Sekilas bumbu-bumbu yang melumurinya terlihat seperti masakan gulai pada umumnya. Namun setelah disantap barulah terasa keistimewaan rasa dari gulai ini.

Gulai nanas biasa disantap bersama nasi, sambal ebi, dan sayur terong. Bentuknya mirip acar dengan rasa asam, manis, dan asin bercampur menjadi perpaduan yang sempurna. Rasa segar dan harum buah nanas dipadu dengan cabai merah dan aroma bunga lawang, makin menggugah selera. Selain itu, tekstur nanas yang lembut, berserat, berbalut rasa segar dan berbumbu ini mudah membuat siapa saja jatuh hati ketika menyantapnya.

Baca Lainnya : Piza Andaliman Khas Danau Toba yang Lezat Ini Harus Kalian Coba

Untuk membuat gulai nanas diperlukan sekitar 15 jenis rempah dan bumbu. Rasa gurih yang dominan tentu asalnya dari santan kental. Sementara itu aroma gulai nanas yang menggoda berasal dari perpaduan cantik antara pala, kapulaga, sereh, bunga lawang, cengkeh, dan kayu manis. Ditambah sempurna dengan bawang putih, bawang merah, dan cabai yang kepedasannya bisa diatur sesuai selera.

Selain populer di Kalimantan Barat, gulai nanas juga dapat kita temukan di beberapa daerah di Indonesia, seperti Aceh dan Medan. Nah, jika berlibur ke Kalimantan Barat, jangan lupa untuk mencicipi semangkuk gulai nanas, ya. Kelezatan yang menggoda dari gulai nanas ini dijamin bakal bikin Trubus Mania susah move on.

Editor : System

Berita Terkait

21 Nov 2019
21 Nov 2019
20 Nov 2019

Baca Juga

Berita Lainnya