trubus.id
Kesulitan Ekonomi Bukan Halangan, Anak Sopir di Pekalongan Raih Lulusan Terbaik IPB

Kesulitan Ekonomi Bukan Halangan, Anak Sopir di Pekalongan Raih Lulusan Terbaik IPB

Thomas Aquinus - Kamis, 31 Okt 2019 11:00 WIB

Trubus.id -- “Saya tidak pernah berpikir saya dapat sampai di titik ini, “ demikian ujar Muhammad Firman Ardyansyah, anak dari seorang sopir di Pekalongan, Jawa Tengah saat dinobatkan sebagai Lulusan Terbaik Sekolah Bisnis IPB University yang diwisuda pada Rabu 30 Oktober 2019 di Gedung Grha Widya Wisuda.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima Trubus.id, Firman menyatakan rasa bahagianya setelah meraih Indeks Prestasi (IPK) 3,80. “Saya ingin membuat orang tua saya bangga. Prestasi ini sebagai tanggung jawab saya karena telah diijinkan merantau jauh di Bogor agar bersungguh-sungguh kuliah. Saya juga ingin membuktikan bahwa mahasiswa Bidikmisi yang berlatar belakang ekonomi sederhana seperti saya, karena punya daya juang tinggi, mampu bersaing dengan mahasiswa yang lain, “ jelas alumnus SMAN 1 Pekalongan, Jawa Tengah ini.

Berasal dari latar belakang keluarga sederhana, bapak supir, sementara ibunya adalah ibu rumah tangga, tak menyurutkan semangat firman untuk kuliah di perguruan tinggi.  

Baca Lainnya : Mahasiswa dan Alumni IPB University Boyong Penghargaan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi

“Awalnya saya tidak pernah terpikirkan bisa menjadi mahasiswa di salah satu kampus terbaik di negeri ini. Hingga suatu saat ada pembukaan beasiswa Bidikmisi dari guru Bimbingan Konseling di SMA. Bidikmisi inilah yang menjadi jalan pembuka untuk meraih mimpi-mimpi saya. Saya menerima beasiswa ini sejak semester satu di IPB University. Meskipun beasiswa Bidikmisi sangat membantu dalam finansial namun jika dibandingan dengan biaya hidup di Kota Bogor yang relatif mahal, saya harus pandai dalam mengatur uang. Untuk menutupi kebutuhan sehari-hari, saya pernah mengajar les privat, rajin ikut lomba supaya kalau menang hadiahnya untuk  menambah biaya hidup dan tabungan, “ urai Firman.

Ditanya pengalamannya menjadi mahasiswa di Sekolah Bisnis IPB University, Firman mengaku bahwa selama berkuliah, jiwa entrepreneurnya sangat terasah.

"Entrepreneur yang diajarkan di Sekolah Bisnis IPB University sangat bermanfaat bagi saya dalam pengambilan keputusan kehidupan sehari-hari. Bagi saya Sekolah Bisnis IPB University adalah sekolah terbaik yang saya temui, “ tandasnya.

Hebatnya, meski Firman berasal dari kalangan keluarga dengan ekonomi biasa, kondisi tersebut tak menghalangi Firman untuk melanglang buana ke berbagai negara. Ya, selama menjadi mahasiswa, Firman langganan mengikuti berbagai kegiatan internasional.

Baca Lainnya : IPB Gandeng Swasta untuk Edukasi Remaja Terkait Gizi dan Kesehatan

“Saya pernah menikmati kuliah di tiga negara, yakni dengan mengikuti Summer Course di Prince of Songkhla University, Thailand tahun 2017, Summer Program Far Eastern University, Philippines tahun 2018 dan Exchange Student selama satu semester di Ho Chi Minh University of  Technology and Education, Vietnam tahun 2019. Saya juga pernah mempresentasikan proyek lingkungan di acara PowerShift Malaysia tahun 2016, “ jelasnya penuh antusias.

Editor : Thomas Aquinus

IPB

Berita Terkait

26 Jan 2020
26 Jan 2020
26 Jan 2020

Baca Juga

Berita Lainnya