trubus.id
UMKM Perempuan Harus Sadar Teknologi untuk Ciptakan Peluang Ekonomi

UMKM Perempuan Harus Sadar Teknologi untuk Ciptakan Peluang Ekonomi

Thomas Aquinus - Kamis, 31 Okt 2019 07:30 WIB

Trubus.id -- Hasil Riset Profil Bisnis yang dilakukan oleh Bank Indonesia, 43% menunjukkan dari pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah perempuan. Tetapi, kontribusi UMKM yang dimiliki perempuan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara masih sangat kecil yaitu hanya 9,1%.

Perempuan memiliki peranan sangat penting di dalam setiap lini kehidupan. Namun ironis, masih  banyak perempuan di Indonesia yang belum memahami serta menguasai teknologi sebagai modal untuk menciptakan peluang ekonomi.

Dalam keterangan tertulisnya, Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Ghafur Dharmaputra mengatakan, bahwa perempuan harus dilindungi dan diberdayakan. Perempuan juga harus diberikan kesempatan untuk dapat berpartisipasi, termasuk dalam bidang ekonomi.

Baca Lainnya : Perempuan Berperan Tinggi dalam Pemberdayaan Ekonomi Desa

“Bagaimana di era revolusi industri 4.0 ini, perempuan harus dapat memanfaatkan perkembangan teknologi secara optimal. Bahwasanya teknologi akan mempermudah usaha dan juga membuka jejaring kerja,” ujarnya saat Rapat Koordinasi Peningkatan Pemberdayaan Perempuan di Era Revolusi Industri 4.0 di Kantor Kemenko PMK, Jakarta.

Senada dengan Ghafur, Head of Government Affairs & Public Policy Google Indonesia Putri Alam juga menekankan agar pengusaha perempuan dapat didorong untuk menjalankan bisnis berbasis internet (online). Itu lantaran, Google menemukan fakta bahwa usaha yang menggunakan teknologi akan mengalami percepatan pertumbuhan hingga 80% lebih cepat.

Baca Lainnya : Menlu Retno Berbagi Kisah Pemberdayaan Perempuan Indonesia di Markas PBB

Jika ditunjang dengan keadaan internet yang baik, lanjutnya, pengusaha perempuan akan dapat memberikan pengaruh lebih besar dalam hal pendapatan. Bahkan di sisi lain, hal itu disebut mampu memajukan kesejahteraan perempuan serta meminimalisir kesenjangan.

“Dengan diberikan akses kepada informasi, ilmu, dan teknologi, serta alat untuk memanfaatkannya, perempuan bukan hanya bisa berkembang tetapi lebih maju dan memberikan kontribusi besar bagi kehidupan keluarga hingga negara,” tandas Putri.

Baca Lainnya : Jokowi: Pendidikan dan Pemberdayaan Perempuan Elemen Penting Capai SDGs

Upaya pemberdayaan perempuan agar lebih melek terhadap teknologi juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk para peserta rapat yang terdiri dari kalangan akademisi, kementerian/lembaga, aktivis, dan komunitas.

Demikian juga dengan sejumlah platform digital yang telah melakukan kerja sama untuk merangkul serta memberdayakan perempuan-perempuan di Tanah Air, seperti Bukalapak melalui Komunitas Bukalapak Srikandi.

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

25 Feb 2020
25 Feb 2020
25 Feb 2020

Baca Juga

Berita Lainnya