trubus.id
Menginspirasi! Kisah Anjing Penyelamat Lingkungan

Menginspirasi! Kisah Anjing Penyelamat Lingkungan

Hernawan Nugroho - Selasa, 29 Okt 2019 21:00 WIB

Trubus.id -- Sebuah kisah inspiratif untuk Trubus Mania tentang ide cemerlang pemilik anjing yang peduli lingkungan hidup.

Menurut laman MotherNatureNetwork, pada  2017 lalu, sebuah kebakaran hutan yang paling parah terjadi di Chili.Saat itu, kebakaran hutan merusak wilayah dengan luas lebih dari 566.000 hektar. Kebakaran itu menyebabkan kerusakan pada 1.500 rumah dan 11 orang meninggal dunia.

Negara-negara lainnya juga bahu-membahu memadamkan api dengan mengirimkan ahli pemadam kebakaran. Saat api berhasil dipadamkan, lahan hutan itu pun menjadi tanah kosong.

Baca Lainnya : Mengapa Beberapa Jenis Anjing Lebih Ganas daripada yang Lain?

Beberapa bulan setelah kebakaran hutan Chili terjadi, ada sebuah tim yang dibentuk untuk menyelamatkan ekosistem hutan. Tim ini berisi anjing-anjing jenis border collies bernama Das, Summer, dan Olivia yang dipelihara oleh Francisca Torres. Francisca ini memang memiliki organisasi yang berfokus pada lingkungan dan anjing, serta berpengalaman melatih anjing-anjing, Trubus Mania.

Pasukan penyebar benih tumbuhan yang bekerja dengan gembira (foto: MotherNatureNetwork)

Das, Summer, dan Olivia ini bertugas berlarian di hutan sambil menyebarkan biji tumbuhan. Rupanya, anjing-anjing ini mengenakan tas punggung khusus yang berisi biji-bijian. Kemudian, mereka akan berlarian di tanah kosong bekas kebakaran hutan. Saat mereka berlari dengan cepat, tas punggungnya akan mengeluarkan biji-biji di dalamnya.

Biji-biji yang dibawa oleh kak Francisca adalah biji tumbuhan yang sama dengan tumbuhan di hutan yang terbakar. Harapannya, biji itu nantinya bisa tumbuh  menjadi pohon dan perlahan-lahan ekosistem hutan kembali membaik.

Baca Lainnya : Hal-Hal Sederhana Ini Membuat Usia Anjing Lebih Panjang

Ide cemerlang, karena si anjing "bekerja dengan gembira". Karena para anjing border collies ini suka berlarian, maka mereka bekerja dengan gembira saat menyebarkan biji tumbuhan. Biasanya, Das, anjing yang berusia enam tahun, akan memimpin Summer dan Olivia yang berusia dua tahun.

Anjing-anjing ini mulai bekerja menyebarkan biji di tanah bekas kebakaran hutan pada Maret 2017, dan mereka kembali ke sana setiap enam bulan sekali. Setelah anjing-anjing berlarian, Francisca dan adiknya, Constanza, mengisi kembali mengisi tas punggung para anjing.

Francisca dan adiknya, Constanza, pemilik anjing penyelamat ekosistem (foto: MotherNatureNetwork)

Saat kembali untuk mengisi tasnya dengan biji-bijian Das, Summer, dan Olivia akan mendapatkan banyak makanan imbalan. Rata-rata, dalam satu hari, tiga anjing ini bisa menyebarkan sekitar 9 kilogram biji tumbuhan di wilayah sejauh 28 kilometer. Saat ini, menurut kak Francisca, tumbuhan dan hewan sudah mulai kembali lagi ke wilayah hutan yang terbakar itu, teman-teman.

Saat sedang tidak menyebarkan biji di hutan, Das, Summer, dan Olivia akan berlatih menggembala domba dan pelatihan anjing lainnya. Wah, anjing-anjing bahkan bisa membantu menjaga lingkungan. Bagaimana,Trubus Mania? Tertarik untuk meniru dan menjadi agen pelestari bumi?  

Editor : System

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020