trubus.id
Mengapa Sangat Tidak Dianjurkan Berenang saat Hujan Turun?

Mengapa Sangat Tidak Dianjurkan Berenang saat Hujan Turun?

Hernawan Nugroho - Selasa, 29 Okt 2019 14:00 WIB

Trubus.id -- Musim kemarau yang panjang seperti saat ii, paling enak adalah berenang untuk menyegarkan tubuh. Ya, olahraga renang bisa membuat tubuh kita sehat dan bugar. Namun, kalau tiba-tiba turun hujan, biasanya kita akan diminta untuk berhenti berenang.  Konon, berenang saat hujan bisa membawa efek buruk bagi kesehatan kita.

Benarkah begitu? Ini dia penjelasannya menurut Health.

1. Mengandung Bakteri

Sifat air yang paling utama adalah mengalir, begitu juga dengan air hujan. Air hujan yang jatuh ke tanah bisa mengalir sampai ke kolam renang. Air yang mengalir itu bisa membawa kotoran, kuman, dan bakteri dari tanah atau batu dekat kolam renang. Saat kotoran itu bertemu dengan kaporit yang ada di kolam, campuran itu akan berubah jadi zat kimia yang berbahaya. Hal itu bisa menyebabkan kanker kulit.

Baca Lainnya : Apakah Berenang di Air Dingin Bagus untuk Kesehatan?

2. Mengandung Gas Beracun

Hujan merupakan air yang turun dari awan. Dari awan, air hujan memang bersih, tapi saat melayang bebas, air bisa saja bertemu dengan gas beracun. Gas beracun itu bisa berupa polusi udara dari kendaraan atau asap pabrik. Gas beracun itu terbawa oleh air hujan dan masuk ke dalam kolam renang. Air kolam pun akan menjadi tercemar dengan gas beracun itu.

Baca Lainnya : Bahaya Mengintai Jika Kamu Tak Sengaja Telan Air Kolam Renang

3. Perbedaan Suhu

Tubuh manusia umumnya memiliki suhu antara 35 sampai 37 derajat Celcius. Saat kita berenang, tubuh kita akan mendingin dan suhu tubuh akan turun menjadi sekitar 30 sampai 37 derajat Celcius. Saat hujan turun, suhu lingkungan akan mendingin. Hal ini menyebabkan tubuh kita ikut mendingin dan suhu tubuh akan turun lagi menjadi sekitar 27 sampai 29 derajat Celcius. Kalau suhu tubuh sudah mencapai di bawah 30 derajat Celcius, bisa berbahaya, Trubus Mania! Karena itulah kita sebaiknya berhenti berenang kalau sudah mulai gerimis agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

Editor : System

Berita Terkait

23 Jan 2020
23 Jan 2020
22 Jan 2020

Baca Juga

Berita Lainnya