trubus.id
Alasan Kucing Tidak Mau Pup di Litter Box

Alasan Kucing Tidak Mau Pup di Litter Box

Hernawan Nugroho - Senin, 28 Okt 2019 20:30 WIB

Trubus.id -- Apakah Trubus Mania pernah merasa stress gara-gara kucing kesayangan tidak mau menggunakan litter box? Problem seperti ini memang bikin pusing. Tapi, pemilik harus gerak cepat dengan mencari tahu penyebab kucing kesayanganmu tidak mau pup di kotak pasir yang sudah disediakan. Apa saja sih alasannya?

Jika kucing tidak mau menggunakan litter box, menurut laman PetWorld, bisa jadi karena ada yang tidak beres dengan litter box kucing itu.

1. Kurang Bersih

Secara naluri, kucing adalah hewan yang sangat bersih. Saat pemilik jarang membersihkan litter box, dengan sendirinya kucing akan malas menggunakannya.

Baca Lainnya : Makanan Kucing Paling Bagus untuk Menyehatkan Bulu

2. Penempatan yang Salah

Usahakan tidak meletakkan litter box di area yang terlalu ramai, panas dan terbuka. Sebab lokasi tersebut cenderung tidak disukai kucing kamu saat ingin menggunakan litter box. 

3. Terlalu Kecil

Poin ini sebenarnya masih lanjutan dari poin sebelumnya. Kucing malas menggunakan litter box dengan ukuran kecil karena membuatnya terkena kotorannya sendiri. Ukuran ideal untuk litter box adalah 1,5 dari panjang kucing.

Baca Lainnya : Begini Cara Melatih Kucing Agar Tertib Buang Kotoran pada Tempatnya

4. Faktor Kesehatan Kucing

Jika tidak ada masalah dengan litter box, bisa jadi karena faktor kesehatan kucing Trubus Mania. Seperti ketika kucing terkena infeksi saluran kemih. Ditandai saat kucing terlihat kesakitan saat buang air kecil.

Selain itu, bisa juga karena alasan stress. Kondisi ini bisa terjadi saat kamu punya lebih dari satu ekor kucing. Atau kondisi rumah terlalu ramai. Saat kucing stres (seperti akibat berkelahi dengan kucing lainnya) secara tidak langsung akan mengubah kebiasaan dari kucing tersebut. 

Editor : System

Berita Terkait

14 Des 2019
14 Des 2019
14 Des 2019

Baca Juga

Berita Lainnya