trubus.id
Life » Mengenal Cosmic Crisp, Apel Varietas Baru yang Dig...
Mengenal Cosmic Crisp, Apel Varietas Baru yang Digadang-gadang Akan Kuasai Industri Apel Dunia

Mengenal Cosmic Crisp, Apel Varietas Baru yang Digadang-gadang Akan Kuasai Industri Apel Dunia

Syahroni - Selasa, 22 Okt 2019 20:00 WIB

Trubus.id -- Sebuah varietas baru apel rencananya akan mulai dipasarkan di seluruh dunia pada Desember mendatang. Apel ini dipercaya akan menguasai pasar dan menggantikan apel unggulan lain yang kini merajai pasaran di seluruh penjuru dunia. Apel varietas baru itu adalah apel cosmic crisp.

Apel asal Amerika Serikat ini sendiri awalnya dikenal dengan sebutan varietas WA 38. Pembiakan apel ini dimulai pada tahun 1997 di Pusat Penelitian dan Penyuluhan Buah Pohon Universitas Washington (WSU) di Wenatchee, Washington. Pada awalnya, pembiakannya diawasi oleh Bruce Barritt dan sekarang oleh Kate Evans. 

Karakteristik Cosmic Crisp

Dilansir dari Wikipedia, Cosmic Crisp menggabungkan fitur-fitur terbaik dari apel Honeycrisp dan apel Enterprise yang sudah menguasai pasaran selama ini. Apel Cosmic crisp memiliki tekstur dan kandungan air dari Honeycrisp, dan perilaku yang semakin matang serta kuat disimpan dalam jangka waktu lama. 

Dalam membiakkan varietas, fokusnya bukan pada penampilan, tetapi pada daya tahan dan umur simpan. Kosmis Crisp ditandai terutama oleh kulit merah gelap yang seragam, daging padat, dan umur simpan yang lebih baik. 

Tampilan lentisel cahaya apel pada kulitnya yang berwarna merah anggur mengingatkan kelompok fokus sebuah galaksi di langit malam — demikian nama Cosmic Crisp diambil. Ini adalah varietas apel pertama yang banyak ditanam di Washington hingga saat ini. 

Apel matang pada saat yang sama dengan apel Red Delicious dan diharapkan untuk menggantikan sebagian besar stok Red Delicious di pasaran. Cosmic Crisp akan tersedia untuk konsumen pada bulan Desember tahun 2019 ini, setelah 20 tahun pengembangan. Pengamat industri mengharapkan produksi Cosmic Crisp melampaui Apel Pink Lady dan Honeycrisp dalam lima tahun ke depan.

Penanaman pertama Cosmic Crisp

Varietas ini pertama kali ditanam untuk penggunaan komersial pada musim semi 2017, dengan 12 juta pohon dipesan lebih dahulu oleh kebun-kebun negara bagian Washington. Varietas ini awalnya hanya tersedia untuk petani yang berbasis di Washington, dan akan tetap terbatas pada mereka setidaknya selama sepuluh tahun. 
Para petani membayar royalti untuk setiap pohon yang dibeli dan untuk setiap kotak apel yang dijual. Bunga sangat tinggi sehingga bibit awalnya harus dibagikan kepada petani apel dalam lotere yang diadakan pada tahun 2014 — WSU telah merencanakan untuk menyediakan 300.000 bibit, tetapi dipenuhi dengan permintaan 4 juta. 

Dalam waktu tiga tahun, lebih dari 13 juta pohon cosmic crisp telah ditanam. Tuntutan hukum muncul antara WSU dan spin-off Seattle yang diklaim universitas mendistribusikan lebih dari 100.000 bibit secara tidak benar. WSU sendiri adalah pemilik paten apel jenis Cosmic Crisp ini.

Testimoni Cosmic Crisp 

Media The New York Times menggambarkan apel ini sebagai apel 'gelap dramatis, rasa kaya dan eksplosif renyah dan berair'. Karenannya, apel ini menjadi apel yang paling menjanjikan dan penting di masa depan. 

Sementara itu, Food Republic menyebutnya 'lebih kencang dari pada Honeycrisp, tetapi tidak terlalu keras. Dan tinggi dalam gula dan keasaman. Karenannya, apel ini membuatnya jauh lebih unggul dari varietas Red Delicious, Gala dan Fuji.

Northwest Public Radio mencatat bahwa Negara bagian Washington, yang memproduksi 70% apel Amerika, bertaruh bahwa apel ini akan "menaklukkan" pasar ketika mencapai rak supermarket pada 2019 mendatang. 

Peluncuran produk senilai $ 10 juta oleh konsumen didanai oleh dana promosi pertanian Negara Bagian Washington melalui Komisi Apel Washington dan agen-agen lainnya. Dua tagline untuk apel adalah "Imagine the Possible" dan "The Apple of Big Dreams". 

Dikatakan sebagai kampanye terbesar dalam sejarah industri apel, dan akan mencakup pembayaran untuk influencer media sosial dan kemitraan dengan tur produksi anak-anak Johnny Appleseed. Istilah "Cosmic Crisp" adalah merek dagang. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020