trubus.id
Life » Makanan yang Mengandung Enzim Pencernaan Alami
Makanan yang Mengandung Enzim Pencernaan Alami

Makanan yang Mengandung Enzim Pencernaan Alami

Hernawan Nugroho - Selasa, 22 Okt 2019 17:00 WIB

Trubus.id -- Proses pencernaan di tubuh kita dimulai dari mulut sampai ke usus. Ada banyak sekali organ yang bekerja untuk mencerna makanan yang kita makan. Tapi, organ-organ itu memerlukan enzim pencernaan untuk membantu mencerna molekul lemak, protein, dan karbohidrat, agar lebih mudah diserap tubuh. Apa saja enzim itu dan makanan apa yang bisa mengandung enzim pencernaan yang baik untuk tubuh?

Di tubuh Trubus Mania, ada tiga jenis enzim pencernaan, yaitu enzim protease, lipase, dan amilase. Enzim protease atau enzim peptidase atau enzim proteinase. Seperti namanya, enzim ini membantu memecahkan protein menjadi molekul peptide dan asam amino. Enzim lipase membantu memecahkan lemak menjadi tiga jenis asam lemak dan molekul gliserol. Sementara enzim amilase membantu memecahkan karbohidrat menjadi molekul gula sederhana. Enzim-enzim di tubuh ini juga dibuat di usus kecil, seperti enzim laktase, maltase, sukrase.

Baca Lainnya : Tak Hanya Baik bagi Kulit, Jus Lidah Buaya Bisa Bikin Lancar Pencernaan

Jika tubuh Trubus Mania tidak bisa memproduksi enzim dengan jumlah yang cukup, maka nutrisi dari makanan tidak bisa dicerna dengan baik dan bisa mengganggu sistem pencernaan. Karenanya, perlu mengonsumsi makanan yang mengandung enzim pencernaan alami. Health menginformasikan beberapa makanan yang mengandung enzim pencernaan alami sebagai berikut:

1. Madu

Madu murni mengandung enzim pencernaan alami. Dalam madu murni, ada enzim diastase untuk memecah zat gula maltose, enzim amilase yang memecah karbohidrat jadi gula sederhana, enzim invertase untuk memecah zat gula sukrosa, dan enzim protease untuk memecah protein dan asam amino.

(Foto: Health)

2. Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim protease yang membantu mencerna protein. Kelompok enzim protease dalam pepaya adalah enzim papain.

3. Mangga

Di musim mangga, kita bisa mendapatkan enzim pencernaan alami dari mangga. Mangga mengandung enzim amilase yang bisa memecah zat karbohidrat menjadi zat gula seperti glukosa dan maltose.

4. Nanas

Buah nanas mengandung enzim pencernaan alami. Buah nanas mengandung kelompok enzim bromelain, teman-teman. Enzim ini adalah enzim protease yang memecah protein di tubuh menjadi asam amino.

(Foto: Pixabay)

5. Pisang

Pisang mengandung enzim amilase dan glucosidase, dua kelompok enzim yang bisa memecahkan karbohidrat menjadi zat gula Enzim ini juga membuat pisang semakin manis saat makin matang.

6. Alpukat

Baca Lainnya : Do’s & Dont’s Makanan untuk Perbaiki Sistem Pencernaan

Dalam buah alpukat, ada kandungan enzim lipase, teman-teman. Enzim ini membantu mencena lemak menjadi lebih mudah dicerna, seperti dalam bentuk asam lemak dan gliserol. Meski enzim lipase diproduksi bagian pankreas di tubuh, mengonsummsi makanan dengan enzim lipase  bisa membantu melancarkan pencernaan setelah makan berat.

7. Kimchi

Kimchi pun mengandung enzim pencernaan alami Apa Trubus Mania suka makanan fermentasi kimchi dari Korea? Proses fermentasi kimchi juga menghasilkan enzim yang bermanfaat untuk usus kita. Kimchi mengandung bakteri Bacillus yang baik, dan bakteri ini memproduksi enzim protease, lipase, dan amilase.

(Foto: Cuisine)

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020