trubus.id
Bingung Ingin Memelihara Anjing atau Kucing? Yuk, Ketahui Tipsnya!

Bingung Ingin Memelihara Anjing atau Kucing? Yuk, Ketahui Tipsnya!

Hernawan Nugroho - Senin, 21 Okt 2019 20:00 WIB

Trubus.id -- Memelihara anjing atau kucing memang menyenangkan. Sayangnya, mungkin hanya memiliki kemampuan untuk memelihara satu ekor hewan saja. Bingung untuk memutuskan ketika dihadapkan untuk pilih pelihara anjing atau kucing? Padahal, memilih hewan peliharaan dapat disesuaikan dengan keinginan dan kemampuanmu. 

Simak tips berikut dari WestVet ini agar kamu tidak bingung lagi untuk pilih pelihara anjing atau kucing.

Baca Lainnya : Alasan Kenapa Hewan Kesayanganmu Pun Butuh Liburan

1. Tanggung Jawab Tetap Nomor Satu

Apapun hewan peliharaan yang dipilih, baik itu anjing ataupun kucing, kamu harus memahami tanggung jawab yang melekat selama kamu memeliharanya. Anjing dan kucing merupakan makhluk hidup yang memiliki berbagai kebutuhan untuk hidup dengan layak. Sebagai pemiliknya, akan menjadi tanggung jawabmu untuk mencukupi kebutuhan mereka.

Pemilik memiliki kewajiban untuk memberikan hewan peliharaanmu tempat tinggal yang layak. Rumah yang dapat melindunginya dari kedinginan dan tidak bising. Lingkungan yang aman dari gangguan hewan liar dan tanaman yang menimbulkan alergi. Pemilik juga perlu melindungi hewan peliharaanmu  dari anak-anak yang belum paham cara menyayangi hewan.

Sebelum memutuskan untuk memiliki anjing atau kucing, pastikan sanggup untuk mencukupi kebutuhan makanan mereka. Anjing dan kucing setidaknya diberi makan sebanyak dua kali dalam satu hari. Berikan anjing atau kucing makanan yang kaya nutrisi sesuai kebutuhannya.

(foto: nature)

2. Apakah Kamu Senang Mengajak Hewan Peliharaanmu Jalan-Jalan?

Kalau bingung untuk pilih pelihara anjing atau kucing, tanyakan kepada diri sendiri, apakah nantinya akan senang mengajak hewan peliharaanmu jalan-jalan? Seekor anjing, apapun jenis rasnya, butuh untuk diajak jalan-jalan setiap hari. Aktivitas fisik sangat penting bagi anjing untuk melatih otot-ototnya dan menjaga tubuhnya tetap bugar.

Seperti anjing, kucing juga butuh untuk diajak bermain. Namun intensitas bermain kucing tidak sesering anjing. Jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk mengajak hewan peliharaanmu jalan-jalan atau bermain, sebaiknya kamu memilih kucing sebagai hewan peliharaan. 

Editor : System

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020