trubus.id
Benarkah Saus Tomat Berbahaya untuk Kesehatan?

Benarkah Saus Tomat Berbahaya untuk Kesehatan?

Hernawan Nugroho - Senin, 21 Okt 2019 16:00 WIB

Trubus.id -- Trubus Mania suka dengan saus tomat? Ada banyak makanan yang rasanya akan lebih lezat jika kita mengolesinya dengan saus tomat. Sebut saja ayam goreng, kentang goreng, burger, hot dog, roti lapis, dan lain-lain. Bahkan saat kita makan mi ayam, nasi goreng, dan bakso, terkadang ada yang suka menambahkan saus tomat.

Sesuai dengan namanya, saus tomat terbuat dari tomat yang ditambah dengan campuran lainnya hingga bertekstur kental. Maka itu, banyak orang yang menganggap saus tomat aman dikonsumsi karena tomat memang salah satu buah yang menyehatkan.

Namun, tahukah, Trubus Mania, ternyata saus tomat justru berbahaya bagi kesehatan kita. Simak penjelasannya menurut HealthToday.

Baca Lainnya : Ingin Dapat Manfaat Sehat Tomat, Jangan Konsumsi Berbarengan dengan Daging

Saus tomat memang terbuat dari tomat dan seperti yang kita tahu tomat kaya vitamin C, lycopene, serat, dan kandungan nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh. Sayangnya, kandungan saus tomat dan tomat asli jauh berbeda. Terlalu banyak mengonsumsi saus tomat atau mengonsumsinya untuk jangka panjang bisa membahayakan kesehatan kita.

Satu botol saus tomat mengandung 25 persen gula. Memang saus tomat rasanya enak, tapi terlalu banyak gula yang terkandung di dalamnya. Kita bisa mendapatkan dari sumber makanan lain, jadi kita tak perlu lagi menambahkannya dari saus tomat.

Kita disarankan untuk membatasi bahkan jika perlu berhenti mengonsumsi saus tomat demi kesehatan kita. Apalagi, kini bahkan tak sedikit anak-anak yang didiagnosis diabetes tipe 2 karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. 

Baca Lainnya : Makan Tomat Tiap Hari, Rahasia Awet Muda yang Alami

Umumnya, makanan kemasan memang mengandung natrium atau garam. Ada yang kadar natriumnya rendah, tapi ada juga yang tinggi. Ternyata saus tomat termasuk makanan kemasan yang tinggi kandungan natriumnya. Tubuh memang membutuhkan garam, tapi asupan garam berlebih justru akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti sakit ginjal hingga jantung.

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

07 Agu 2020
04 Agu 2020
03 Agu 2020