trubus.id
Wujudkan Ketahanan Pangan, Dirjen PDT: Teknologi Maksimalkan Hasil Pertanian

Wujudkan Ketahanan Pangan, Dirjen PDT: Teknologi Maksimalkan Hasil Pertanian

Astri Sofyanti - Sabtu, 19 Okt 2019 13:00 WIB

Trubus.id -- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PDT) menyebut dukungan teknologi modern memaksimalkan hasil pertanian guna mencapai ketahanan pangan.

Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PDT) Kemendes Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Samsul Widodo mengatakan dukungan teknologi memaksimalkan hasil pertanian untuk mencapai ketahanan pangan.

"Dengan konsep pertanian cerdas secara sederhana bisa diartikan sebagai precision agriculture atau bertani yang tepat, karena dapat mengidentifikasi keadaan dan kebutuhan dari setiap tanaman," demikian dikatakan Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PDT) Samsul Widodo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (19/10).

Dari pengidentifikasian tersebut, petani jadi lebih paham tindakan apa yang harus dilakukan pada setiap tanamannya. Tanaman mana yang membutuhkan air, tanaman mana yang harus diberikan pestisida, dan tanaman mana yang harus dipupuk.

Samsul Widodo menambahkan bahwa penerapan teknologi di bidang pertanian dapat meningkatkan potensi pertanian karena akan turut menarik perhatian kaum muda untuk ikut serta menggeluti pertanian di daerahnya.

Implementasi smarf farming di daerah tertinggal terus digenjot oleh Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PDT). Pada tahun 2019, Ditjen PDT telah menetapkan lima kabupaten daerah tertinggal sebagai lokasi proyek percontohan impelementasi smart farming, yaitu Kabupaten Situbondo, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumba Timur, dan Kabupaten Pasaman Barat.

“Pemilihan proyek percontohan tergantung dari komitmen pemerintah kabupaten tersebut dan jenis tanamannya disesuaikan dengan potensi masing-masing daerah,” tambahnya.

Editor : Syahroni

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020