trubus.id
Titik Laut Dalam Berikut Ini Paling Tepat untuk Pertanian Kerang Biru, Ini Alasannya

Titik Laut Dalam Berikut Ini Paling Tepat untuk Pertanian Kerang Biru, Ini Alasannya

Syahroni - Sabtu, 19 Okt 2019 10:00 WIB

Trubus.id -- Lokasi budidaya kerang lepas pantai harus memiliki suhu yang tepat, ketersediaan makanan, dan arus yang tepat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti di Northeast Fisheries Science Center, NOAA, beberapa lokasi yang cocok dapat ditemukan di Northeastern A.S.

Temuan mereka, yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu dan Teknik Kelautan, menunjukkan bahwa lokasi yang paling menjanjikan untuk budidaya kerang di antara enam situs samudera yang diteliti adalah di lepas Pulau Long New York, utara Cape Ann di Massachusetts, dan di luar New Hampshire.

Sejumlah proyek penelitian telah dilakukan dalam beberapa dekade terakhir di peternakan percontohan kerang di Rhode Island Sound dekat Martha's Vineyard, di lepas Isle of Shoals di New Hampshire, dan utara Cape Ann di Massachusetts. Hasilnya menggembirakan, tetapi tidak ada usaha komersial yang maju.

Para penulis mengakui bahwa perairan ini sibuk dan telah mengalami banyak penggunaan yang saling bersaing dan tumpang tindih. Mereka berpendapat bahwa menemukan lokasi optimal untuk pertanian, di mana kondisi dapat mendukung jenis produksi yang akan menguntungkan, adalah langkah awal yang penting dalam pengembangan.

Jika tambak akan bersaing dengan penggunaan lain, maka para manajer dan pengusaha sama-sama perlu mengetahui sebanyak mungkin tentang persyaratan dan manfaat tambak kerang lepas pantai — terutama ketika beberapa penggunaan harus dikecualikan agar yang lain dapat berkembang.

"Ada potensi besar untuk budidaya kerang yang berkelanjutan di perairan federal New England," kata pemimpin penulis Darien Mizuta. Mizuta adalah anggota postdoctoral National Research Council di Laboratorium Northeast Fisheries Science Center di Milford, Connecticut.

"Ini didukung oleh data ekonomi nasional, yang merupakan topik publikasi kami selanjutnya." terangnya lagi.

Rekan penulis Gary Wikfors setuju. "Kerang biru memiliki pasar yang mapan, secara komersial penting bagi kawasan ini, dan kami tahu teknologi kulturnya," katanya.

"Mereka adalah kerang bivalvia utama yang diimpor ke AS, terutama dari Kanada. Kami mengimpor 225 kali lebih banyak dari yang kami produksi, dan konsumsi AS meningkat. Peningkatan produksi nasional akan membantu keamanan pangan kita dan mengurangi defisit perdagangan makanan laut." ujar ilmuwan kerang dan direktur Laboratorium Milford tersebut.

Studi ini mungkin yang pertama menggunakan serangkaian data lingkungan historis untuk memeriksa area besar ekosistem landas pantai A.S. Northeast untuk kesesuaian budidaya. Laporan ini juga melaporkan beberapa pengukuran pertama kinerja pemberian kerang di lepas pantai New England, yang dianggap sebagai area yang sangat cocok untuk pengembangan kegiatan budidaya laut.

Mizuta dan Wikfors memfokuskan penelitian mereka untuk menemukan kedalaman perendaman optimal untuk tali longline dan kerang, kedalaman yang akan memaksimalkan efisiensi produksi dari operasi pertanian lepas pantai komersial. Mereka melakukan analisis kesesuaian habitat berdasarkan suhu sumber terbuka dan data klorofil dari kumpulan data nasional. Suhu memengaruhi kemampuan kerang untuk mematuhi tali tanam dan untuk bertahan hidup, sementara konsentrasi klorofil memberikan perkiraan ketersediaan makanan.

Di sebuah peternakan kerang percobaan di Cape Ann, mereka mengukur kinerja pemberian kerang di musim semi dan musim panas untuk mengkonfirmasi bahwa kerang berada di kedalaman ideal. Data lingkungan dikumpulkan pada saat yang sama.

Kerang biru (Mytilus edulis) ditanam pada garis panjang yang terendam dan jika situs tersebut berada di lepas pantai, mereka harus menahan lebih banyak gerakan daripada di lokasi pantai. Suhu dan klorofil merupakan faktor penting dalam memprediksi kesesuaian lokasi budidaya kerang lepas pantai. Dibutuhkan sekitar 18 bulan untuk benih kerang biru mencapai ukuran yang dapat dipasarkan.

Para peneliti memeriksa data oseanografi tentang suhu dan klorofil dari 2005 hingga 2012 untuk mengidentifikasi kedalaman submersi yang cocok untuk tali kerang di perairan federal New England. Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa tali kerang yang terendam selama musim panas hingga kedalaman minimal 15 meter (sekitar 50 kaki) di wilayah utara dan hingga kedalaman minimum 20 meter (sekitar 65 kaki) di wilayah selatan New England memiliki suhu optimal dan berlimpah. biomassa fitoplankton untuk menumbuhkan kerang biru.

Para peneliti Milford mengukur biodeposisi, indikator keberhasilan makan, di sebuah peternakan kerang eksperimental di Rockport, Massachusetts untuk memvalidasi kedalaman yang diprediksi. Dengan menggunakan data ini, mereka mengkonfirmasi fungsi pemberian makan kerang, pencernaan, dan makanan yang memuaskan. Dalam fase penelitian ini, Mizuta dan Wikfors dibantu oleh para peneliti di Northacern Massachusetts Aquaculture Center di Laboratorium Kelautan Cat Cove milik Universitas Negeri Salem, yang mengelola pertanian eksperimental.

Daerah lokal yang menjanjikan memiliki gradien suhu dangkal, seperti di Long Island, Cape Ann, Massachusetts dan di New Hampshire. Dengan desain tambak saat ini, harus dimungkinkan untuk menyesuaikan kedalaman tali kerang, menjaga mereka dalam kisaran suhu ideal mereka. Kedalaman yang disarankan juga dapat disesuaikan dengan peningkatan suhu di masa depan terkait dengan perubahan iklim.

"Ada aspek lingkungan, teknis, dan sosial lain dari budidaya laut lepas pantai yang tidak kami coba bahas dalam studi ini," kata Wikfors. "Tujuan kami adalah untuk berkontribusi pada pengetahuan mendasar yang dibutuhkan oleh para pengusaha untuk perencanaan pertanian, khususnya yang berfokus pada lokasi geografis dan penyebaran garis panjang. Studi seperti ini harus spesifik daerah karena lingkungan akan mempengaruhi produktivitas, desain, dan manajemen dan oleh karena itu keseluruhan keberhasilan pertanian sebagai bisnis. "  [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020