Peneliti Temukan Enzim Baru Pencegah Infeksi Streptokokus yang Ancam Jiwa Manusia

Syahroni - Sabtu, 19 Okt 2019 07:00 WIB

Trubus.id -- Para peneliti di University of Dundee telah menemukan enzim yang mereka percaya bisa menjadi kunci untuk mencegah infeksi Streptococcus Grup A yang menyebabkan lebih dari 500.000 kematian di seluruh dunia setiap tahun.

Grup A Streptococcus dapat menyebabkan penyakit seperti radang tenggorokan, demam berdarah, sepsis dan sindrom syok toksik serta beberapa penyakit autoimun jangka panjang dengan tingkat kematian yang tinggi.

Bekerja dengan rekan-rekannya di Universitas Edinburgh dan Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, para peneliti Dundee menemukan enzim yang diperlukan untuk menghasilkan karbohidrat pada permukaan bakteri streptokokus yang memungkinkannya menginfeksi manusia dan hewan.

Tim ini, yang dipimpin oleh Dr. Helge Dorfmueller, berbasis di Divisi Mikrobiologi Molekuler di School of Life Sciences Universitas. Penelitian mereka mengungkapkan peluang baru untuk menghambat enzim ini dan, pada akhirnya, melawan infeksi Streptococcus Grup A.

Fakta bahwa enzim ini bekerja melalui mekanisme aksi baru yang juga dapat ditemukan pada spesies streptokokus lainnya meningkatkan dampak dan relevansi temuan ini.

Dorfmueller mengatakan, "Radang tenggorokan adalah infeksi Streptococcus Grup A yang paling umum dan sering dapat diperangi oleh sistem kekebalan tubuh. Sayangnya, bakteri yang sama juga menyebabkan sejumlah besar penyakit yang parah dan berpotensi fatal, seperti sepsis dan syok toksik. sindroma.

"Kami tahu bahwa lapisan karbohidrat adalah komponen penting dari Grup A Strep, tetapi kami ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara kerjanya. Yang sekarang telah kami tunjukkan adalah bahwa enzim memulai sintesis lapisan bakteri.

"Anehnya, kami juga menemukan bahwa enzim ini memenuhi fungsi yang sama pada banyak jenis streptokokus lainnya. Ini termasuk Streptokokus Grup B, yang dapat menyebabkan infeksi parah pada bayi baru lahir, dan Streptokokus Grup C dan G yang menyebabkan penyakit yang sama seperti Grup A, termasuk bakteriemia dan endokarditis, pada manusia dan hewan."

Enzim yang baru ditemukan, yang disebut α-D-GlcNAc-β-1,4-L-rhamnosyltransferase, tidak ada pada manusia atau hewan, oleh karena itu memberikan peluang baru untuk program penemuan obat.

Resistensi antimikroba adalah masalah global, dan antibiotik yang ada gagal bekerja pada sekitar 20 persen kasus radang tenggorokan. Tujuan jangka panjang dari tim Dundee adalah untuk membantu pengembangan kelas baru obat antimikroba yang dapat sepenuhnya menghambat atau mengurangi aktivitas enzim. Langkah selanjutnya menuju tujuan ini akan melihat mereka bekerja dengan Unit Penemuan Obat Universitas untuk mengembangkan senyawa yang dapat menargetkan enzim ini.

Penelitian ini dipimpin oleh Ph.D. mahasiswa Azul Zorzoli dan Ben Meyer, mantan postdoc di lab Dr. Dorfmueller. Azul menjelaskan, "Jika Anda menggambarkan bola tenis, karbohidrat ini akan menjadi lapisan berbulu yang menutupi bola. Lapisan ini merupakan komponen struktural penting dari sel dan digunakan oleh bakteri untuk memfasilitasi infeksi. Dalam penelitian terbaru kami, kami menunjukkan bagaimana protein ini memulai produksi karbohidrat ini melalui mekanisme yang tidak pernah dijelaskan sebelumnya.

"Penelitian kami memberikan peluang untuk menargetkan langkah enzimatik ini untuk penemuan obat. Misalnya, temuan ini dapat menjadi landasan untuk berpotensi mengembangkan senyawa baru untuk menghambat streptokokus, yang mengarah ke strategi terapi baru. Karena langkah ini eksklusif untuk bakteri, senyawa menargetkan Enzim ini harus memiliki efek minimal target, menjadikannya kandidat yang sangat baik sebagai obat antimikroba. "