Ilmuan Temukan Spesies Baru Burung Pelatuk Kacamata di Hutan Kalimantan

Syahroni - Jumat, 18 Okt 2019 19:30 WIB

Trubus.id -- Para ilmuwan bersama pihak Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian dan kolaborator yang meneliti kehidupan burung di Kalimantan telah menemukan sesuatu yang mengejutkan. Spesies burung yang belum pernah dideskripsikan, yang dinamai Spectpled Flowerpecker.

Sementara para ilmuwan dan pengamat burung sebelumnya melihat sekilas burung kecil berwarna abu-abu di hutan dataran rendah di sekitar pulau, tim Smithsonian adalah yang pertama yang menangkap dan mempelajarinya, kemudian menghasilkan deskripsi ilmiah formal sebagai spesies baru.

Penelitian tim, yang dilaporkan 17 Oktober di jurnal Zootaxa, menegaskan bahwa burung itu termasuk keluarga berwarna-warni dari burung pemakan buah yang dikenal sebagai bunga-bunga, yang ditemukan di seluruh Asia selatan tropis, Australia, dan pulau-pulau terdekat. Namun menurut analisis molekuler, spesies baru ini tidak terkait erat dengan jenis bunga yang dikenal lainnya.

"Burung ini benar-benar unik. Ini tidak seperti yang lain, dan ini adalah contoh terbaru dari keanekaragaman hayati yang kaya yang dapat ditemukan di wilayah ini," kata Christopher Milensky, manajer koleksi untuk Division of Birds museum dan pemimpin survei Smithsonian yang mengarah pada penemuan baru.

Pulau tropis Kalimantan di Asia Tenggara adalah rumah bagi ratusan spesies burung, termasuk lusinan yang dapat dilihat di tempat lain di dunia. Tapi Spectacled Flowerpecker telah menarik perhatian khusus sejak pertama kali difoto dan dilaporkan oleh sekelompok pengamat burung pada tahun 2009.

Burung gagah, tubuh berperut buncit dan paruh gemuk segera menyarankan itu adalah flowerpecker, tetapi tanda-tanda wajahnya yang khas — yang menonjol busur putih di atas dan di bawah mata yang memberi burung itu penampilan yang berkacamata — tidak dikenal. Kelompok itu, yang termasuk ahli ilmu burung dari Universitas Leeds, David Edwards, menjuluki burung itu dengan nama yang sama — Spectpled Flowerpecker — dan mengusulkan bahwa itu mungkin spesies baru dalam ilmu pengetahuan.

Selama 10 tahun ke depan, burung-burung yang cocok dengan deskripsi dari Flowerpecker Spectacled terlihat secara berkala di hutan dataran rendah di sekitar pulau. Tapi itu tidak sampai awal tahun ini, ketika Milensky dan Jacob Saucier, spesialis museum dan tim memimpin penelitian yang secara resmi menggambarkan spesies baru, menemukan makhluk yang sulit ditangkap di pelestarian satwa liar terpencil di Kalimantan Barat Daya, bahwa para ilmuwan memiliki kesempatan untuk mempelajari Spectacled Flowerpecker secara langsung.

Milensky dan Saucier bekerja sama dengan Sarawak Forestry Corporation Malaysia untuk mendokumentasikan keanekaragaman spesies burung yang hidup di Suaka Margasatwa Lanjak Entimau. Situs penelitian mereka berjarak bermil-mil dari penampakan Spectpleder Flowerpecker yang dilaporkan, jadi menemukan itu tidak terduga. Tetap saja, kata Milensky, dia langsung mengenalinya.

"Saya cukup yakin itu apa itu, dan saya tahu itu belum secara resmi dijelaskan dan didokumentasikan. Begitu aku melihatnya, aku tahu kita punya spesies burung baru untuk dijelaskan," katanya.

Milensky dan Saucier kembali ke museum untuk memeriksa burung itu dengan cermat, menganalisis fitur-fitur luarnya dan membandingkan DNA-nya dengan burung pemakan nektar lain. Analisis genetik mereka menghasilkan kejutan lain ketika tim menyadari betapa berbedanya burung baru itu dari anggota keluarganya.

"Itu tidak terkait dengan salah satu dari burung yang mencari makan dari bunga lain yang sedekat itu. Ini adalah spesies yang sama sekali baru yang sangat menonjol." kata Saucier.

Tim Smithsonian juga menganalisis pola makan burung itu. Seperti jenis bunga lainnya, spesies baru ini terlihat sedang memakan mistletoe, tanaman parasit yang tumbuh tinggi di kanopi hutan. Melalui analisis DNA dan pemeriksaan dekat benih dari usus burung, tim dapat mengidentifikasi jenis mistletoe yang dimakan burung. Informasi ini memberi peneliti perspektif baru tentang kebutuhan ekologis dan preferensi habitat burung ini.

Dengan informasi lebih rinci tentang makanan burung dan ekologi yang sekarang tersedia, orang yang berharap menemukan spesies baru akan memiliki ide yang lebih baik tentang kapan dan di mana mencarinya, kata Saucier. Meskipun kecil, berwarna abu-abu dan sebagian besar menempel di puncak pohon, Spectacled Flowerpecker telah terlihat di banyak lokasi di seluruh pulau, menunjukkan kemungkinan itu tersebar luas.

"Kami berpikir bahwa di mana pun hutan primer dan mistletoe terjadi, ada kemungkinan burung ini bisa berada di sana," kata Saucier.

Para peneliti berharap penemuan mereka akan membawa perhatian pada keanekaragaman yang belum dijelajahi yang tersisa di hutan Kalimantan — dan pentingnya melestarikan ekosistem yang terancam ini. Melindungi sumber daya alam kawasan dari penebangan, perkebunan kelapa sawit dan sumber-sumber deforestasi lainnya sangat penting untuk melestarikan spesies endemik, serta rumah dan mata pencaharian masyarakat adat pulau itu.

Saucier menambahkan bahwa pengetahuan dan keterampilan masyarakat setempat sangat penting dalam memungkinkan tim peneliti untuk mengakses cagar alam dan hewan untuk studi mereka. Nama ilmiah yang dipilih tim untuk Pelatuk Bunga Berkacamata, Dicaeum dayakorum, menghormati orang Dayak, orang-orang yang tinggal di dan bekerja untuk melindungi hutan pulau itu. [RN]