trubus.id
Sabun Pencuci Piring Bukan Pengganti Sabun Khusus Cuci Tangan

Sabun Pencuci Piring Bukan Pengganti Sabun Khusus Cuci Tangan

Hernawan Nugroho - Rabu, 16 Okt 2019 21:30 WIB

Trubus.id -- Agar terhindar dari kuman dan bakteri, kita dianjurkan untuk cuci tangan menggunakan sabun. Cuci tangan yang baik adalah sebelum dan setelah kita makan, saat baru sampai di rumah, setelah dari toilet, dan setelah bermain dengan benda-benda yang kotor.

Kita disarankan untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun cuci tangan. Sabun cuci tangan dipercaya membuat bakteri-bakteri terangkat dari tangan kita dan akhirnya ikut jatuh bersama dengan air yang mengalir. Namun, kalau sabun cuci tangan sedang habis, bolehkah kita mencuci tangan dengan menggunakan sabun cuci piring? Bukankah saat kita mencuci piring, sabun itu juga pasti akan terkena tangan kita. Jadi, apakah boleh? Berikut ini penjelasan menurut HealthToday.

Baca Lainnya : Awas, Bahan Kimia dalam Sabun Mandi Berpotensi Sebabkan Osteoporosis

Menurut organisasi dokter spesialis kulit di Amerika Serikat, sebenarnya sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk mencuci tangan kita. Sabun cuci piring dibuat untuk bisa menghilangkan minyak dan bakteri dengan mudah pada piring, sendok, garpu, dan peralatan makan lainnya.

Saat kita mencuci tangan dengan sabun cuci piring, minyak dan kotoran yang menempel di tangan kita juga bisa hilang dengan mudah. Namun begitu, semakin sering kita memakai sabun cuci piring untuk mencuci tangan, kulit tangan kita akan semakin sensitif. Itu karena sabun cuci tangan dibuat untuk membersihkan peralatan makan yang teksturnya berbeda dengan kulit kita. Maka itu, bahan yang terkandung pada sabun cuci tangan juga lebih “keras” untuk kulit kita.

Lalu, apa yang akan terjadi pada kulit kalau kita sering mencuci tangan dengan sabun cuci piring?

Hal yang kemungkinan besar bisa terjadi adalah kulit akan mengalami iritasi, seperti kulit terasa gatal dan terbakar. Kulit tangan juga bisa jadi akan mengalami kering sehingga terasa kasar saat diusap. Sabun cuci piring juga tidak boleh digunakan sebagai sabun mandi, ya. Digunakan sebagai sabun cuci tangan saja sudah membuat masalah kulit, apalagi sebagai sabun mandi.

Baca Lainnya : Kembalikan Kulit Cerahmu dengan Sabun Alami Buatan Sendiri

Jadi apa yang harus dilakukan?

Nah, supaya kita tidak mengalami kulit sensitif, sebaiknya kita tetap menggunakan sabun cuci tangan untuk mencuci tangan kita. Berbeda dengan sabun cuci piring, sabun cuci tangan dibuat dari bahan-bahan yang memang sudah disesuaikan untuk kulit kita. Dengan begitu, kita akan lebih aman saat menggunakan sabun sesuai dengan saran pemakaian. Kalau sudah telanjur mengalami kulit sensitif, kita bisa olesi salep atau bedak khusus kulit sensitif. Atau kita juga bisa berobat ke dokter kulit supaya kulit tangan kita bisa kembali normal lagi. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

07 Agu 2020
04 Agu 2020
03 Agu 2020