trubus.id
Sebuah Virus Tengah Menyerang Gen Koala, Tapi DNA Mereka Melawan

Sebuah Virus Tengah Menyerang Gen Koala, Tapi DNA Mereka Melawan

Syahroni - Senin, 14 Okt 2019 21:30 WIB

Trubus.id -- Virus yang menginfeksi koala terus mengintegrasikan dirinya ke dalam DNA mereka, memastikan bahwa ia diturunkan dari generasi ke generasi. Tetapi genom koala membela diri, mengungkapkan bahwa DNA memiliki sistem kekebalannya sendiri untuk mematikan 'penjajah' itu.

Virus, yang disebut koala retrovirus (KoRV), terkait dengan kekebalan yang melemah, kanker, dan infeksi klamidia di koala. Semua retrovirus membajak DNA di beberapa sel tubuh inang mereka, tetapi tidak semua dari mereka berhasil ditransmisikan ke keturunan inang.

DNA Anda adalah 8% virus

Selama jutaan tahun sejarah evolusi, retrovirus pada satu waktu atau yang lain masuk ke dalam genom semua spesies vertebrata yang telah ilmuan pelajari.

Ilmuan tahu tentang infeksi kuno ini karena retrovirus terkadang menginfeksi sperma atau sel telur hewan, yang berarti virus memasukkan sekuens DNA-nya sendiri ke dalam genom yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Urutan virus ini dapat berkontribusi terhadap penyakit, tetapi juga telah "dikooptasi" oleh hewan inang untuk proses yang penting untuk perkembangan normal. Sebanyak 8% dari genom manusia terdiri dari sisa-sisa virus menular.

Sementara diketahui juga bahwa retrovirus telah sering muncul selama sejarah evolusi, ilmuan sendiri tidak tahu banyak tentang bagaimana sekuens retrovirus menginfiltrasi sel sperma dan sel telur, atau bagaimana sel-sel ini bereaksi.

Menangkap retrovirus saat beraksi

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020