trubus.id
Kenal Lebih Dekat Khasiat dan Manfaat Pohon Laban, Si Pohon Tahan Api

Kenal Lebih Dekat Khasiat dan Manfaat Pohon Laban, Si Pohon Tahan Api

Hernawan Nugroho - Senin, 14 Okt 2019 16:30 WIB

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  berencana menyediakan bibit pohon tahan api atau pohon laban. Menurut AntaraNews, tanaman asli Indonesia untuk daerah-daerah yang wilayahnya rawan menghadapi kebakaran hutan dan lahan selama musim kemarau. Jenis pohon berkayu itu keras dan tahan air ini cocok menjadi tanaman sekat bakar untuk menghambat api meluas saat terjadi kebakaran hutan dan lahan. Ternyata manfaat pohon laban lebih dari sekadar yang disebutkan tadi.

Menurut penelitian etnobotani dari Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura, Pontinak, orang tua dulu menggunakan kulit kayu laban sebagai minuman teh. Mereka mengambil langsung dari alam sekitar, terutama pada saat berladang. Kulit kayu laban selain bermanfaat sebagai minuman juga diyakini memiliki khasiat sebagai obat. Biasanya penggunanya adalah penduduk asli dari suku Dayak Pangkodan.

Pemanfaatan teh kulit kayu laban sebagai minuman teh sering dimanfaatkan pada saat kegiatan odi diladang. Odi adalah istilah kegiatan gotong-royong suku Dayak Pangkodan yang dilaksanakan di ladang, sawah dan dilakukan secara bergantian pada masing-masing orang yang akan berladang atau bersawah.

Baca Lainnya : Pakar UGM: Kembalikan Fungsi Gambut, Langkah Nyata Cegah Kebakaran Lahan

Odi dilakukan baik pada tahap pembukaan ladang mulai dari menebang pohon dan membersihkan lahan kemudian membakar lahan, menanam padi (nugal), menyiang lahan dari rumput sampai pada panen padi. Masyarakat umumnya menyebut minuman dari kulit kayu laban yang lebih dikenal sebagai teh kulit ngarot (bahasa daerah) atau teh kulit kayu laban. 

Kulit kayu laban tidak hanya dimanfaatkan masyarakat sebagai minuman teh. Khasiat yang dimiliki kulit kayu laban yaitu sebagai obat sakit perut, selain itu membuat tubuh terasa segar. Minuman dari teh kulit kayu laban dapat menjadi obat masuk angin, teh kulit kayu laban yang diminum sebelum makan tidak menyebabkan sakit “ulu hati” atau dikenal dengan penyakit maag, dan ada juga yang memasak kulit kayu laban untuk dijadikan minuman dikarenakan rasa dan baunya yang khas dan untuk mengurangi bau air gambut yang mereka ambil dari sekitar ladang atau sawahnya.

(foto: nature)

Bagian lain dari pohon laban seperti daun digunakan untuk obat sakit perut dengan cara mengambil bagian daunnya kemudian menumbuknya dan ditempelkan ke bagian perut (ditapal) atau merebus bagian daunnya kemudian meminum airnya (lebih sering sebagai obat sakit perut). Bagian kayu laban digunakan untuk kayu bakar atau untuk bagian kepala parang (bagian pegangan parang) karena kayu laban keras sehingga lebih tahan lama usianya.

Cara pemanfaatannya, kulit kayu laban dikikis bagian luarnya agar kulit kayu terbebas dari kotoran yang menempel, kemudian kulit kayu laban diserut dengan mengelilingi batang sampai kulit terlepas dari kayu. Kulit kayu laban yang telah diserut dicuci sampai bersih, kemudian dipapahkan (dimaksudkan pada saat dimasak dapat keluar sarinya lebih banyak dan warnanya pekat) dan dimasak sampai mendidih seperti memasak air. Setelah masak teh kulit kayu laban diberikan gula agar menambah rasa.

Baca Lainnya : 10.000 Bibit Pohon Tahan Api Disiapkan BNPB untuk Daerah Rawan Kebakaran Hutan

Takaran untuk membuat teh kulit kayu laban sesuai dengan selera masing- masing orang. Warna minuman kulit kayu ini bewarna kuning atau coklat keemasan seperti warna air teh. Pada waktu masih hangat bau minuman kulit kayu laban lebih tercium menyengat dari pada saat dingin. Rasa dari air rebusan kulit kayu laban sedikit sepat.

Pohon laban biasanya lebih banyak tumbuh dan ditemukan pada lahan bekas ladang (lahan sekunder). Pembudidayaan pohon laban ini belum diusahakan oleh masyarakat sebagai suatu kebutuhan, meraka  mengatakan mereka tidak mencoba menanam pada pekarangan rumahnya, masyarakat setempat akan mengambil langsung dari hutan jika mereka memerlukannya.

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020