trubus.id
Benarkah Mitos  Hiu Takut pada Lumba-Lumba dan Tidak Pernah Berenang Bersama?

Benarkah Mitos Hiu Takut pada Lumba-Lumba dan Tidak Pernah Berenang Bersama?

Hernawan Nugroho - Jumat, 11 Okt 2019 20:00 WIB

Trubus.id -- Trubus Mania pernah mendengar mitos kalau di mana ada lumba-lumba berenang, maka di sana tidak akan ada hiu yang berenang mendekat? Hal ini kemudian memunculkan pendapat kalau dua hewan ini bermusuhan. Apakah faktanya demkian? ScienceDaily menginformasikan, di beberapa perairan yang banyak digunakan sebagai tempat wisata, kawanan lumba-lumba sering mendatangi dan berenang di samping kapal yang digunakan oleh wisatawan. Karena kebiasaan inilah, lumba-lumba dianggap sebagai hewan yang ramah terhadap manusia. Sedangkan hiu dianggap sebaliknya, yaitu sebagai hewan yang sering menyerang manusia saat berenang di lautan.

Sifat lumba-lumba dan hiu yang sangat berbeda kemudian memunculkan mitos kalau dua hewan ini tidak pernah berenang bersama di satu tempat yang sama. Selain itu, muncul juga mitos kalau keberadaan lumba-lumba di dekat manusia berarti melindungi manusia dari hiu yang kadang-kadang menyerang manusia.

Baca Lainnya : Doberman Lolos dari Maut Akibat Tenggelam Berkat Pertolongan Lumba-Lumba

Tidak adanya hiu di daerah lumba-lumba berenang juga memunculkan anggapan bahwa hiu takut pada keberadaan lumba-lumba. Namun sebenarnya mitos-mitos tadi tidak sepenuhnya benar. Lumba-lumba dan hiu berenang di wilayah yang sama. Kita tetap bisa melihat hiu dan lumba-lumba berenang dalam satu wilayah perairan yang sama, kok, teman-teman.

Hiu dan lumba-lumba adalah karnivora, sehingga dua jenis hewan ini akan berenang ke tempat yang sama untuk mencari makanan. Namun keduanya akan cenderung menghindari satu sama lain jika masih ada cukup ruang dan tidak terpaksa harus mendekat.

Karena lumba-lumba dan hiu tidak pernah terlihat berenang bersama, hal ini membuat banyak orang berpikir hiu takut pada lumba-lumba. Padahal sebenarnya keduanya menghindari untuk saling berada di satu tempat yang sama agar tidak terjadi penyerangan satu sama lain yang disebabkan oleh perebutan makanan.

Lumba-lumba yang merasa terancam akan mendorong perut hiu menggunakan moncongnya yang seperti botol hingga hiu menjauh. Sedangkan hiu juga bisa menyerang lumba-lumba bahkan memangsanya, jika memang hiu merasa hal itu diperlukan.

Hiu sudah mengalami evolusi atau perubahan dalam tubuh mereka, yaitu saat ukuran mereka menjadi cukup besar, maka makanan mereka juga akan berubah dari memangsa anjing laut bergeser ke tingkat yang lebih rendah dan memangsa lumba-lumba. Namun biasanya lumba-lumba akan dengan mudah melarikan diri, karena tubuhnya yang lebih kecil dibandingkan hiu, sehingga membuat lumba-lumba lebih gesit dan bisa berenang lebih cepat.

Baca Lainnya : Salah Sangka, Penyebab Hiu Menyerang Manusia

Ada sebuah penelitian yang dilakukan untuk menunjukkan kenapa lumba-lumba sering berenang di dekat manusia. Hasil dari penelitan itu menunjukkan kalau lumba-lumba melihat manusia sebagai spesies yang cerdas dan merasakan hubungan yang lebih dekat dengan manusia dibandingkan makhluk lain.

Meskipun begitu, bukan berarti hiu adalah hewan laut yang harus dijauhi. Kasus di mana hiu menyerang manusia sebenarnya disebabkan karena hiu salah mengira manusia adalah mangsanya yang sedang berenang di laut. Sebenarnya, hiu yang merupakan hewan prasejarah tidak memangsa manusia karena pada awal munculnya hiu, belum ada manusia, sehingga makanan hiu yang sebenarnya adalah hewan laut lainnya.

Editor : System

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020