trubus.id
Tak Boleh Mandi saat Masih Berkeringat, Ini Tips yang Bisa Dilakukan

Tak Boleh Mandi saat Masih Berkeringat, Ini Tips yang Bisa Dilakukan

Hernawan Nugroho - Kamis, 10 Okt 2019 14:00 WIB

Trubus.id -- Tubuh kita pasti akan berkeringat setelah melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Keringat bisa keluar dari dahi, ketiak, lengan, dan bagian tubuh lainnya dan membuat tubuh kita menjadi berbau tak sedap. Namun, kita tidak disarankan untuk mandi saat tubuh masih berkeringat, apalagi mandi dengan air dingin.

Itu karena suhu dingin bisa membuat pembuluh darah mengecil dan memicu suhu tubuh terus naik. Akibatnya, panas di tubuh kita akan terus tertahan dan pembuluh darah kita juga bisa mengalami gangguan. Nah, bagi Trubus Mania yang merasa tidak nyaman karena berkeringat terlalu banyak dan ingin segera mandi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Baca Lainnya : Berkeringat Berlebihan Ternyata Bisa Mengacu pada Penyakit Serius Loh

1. Duduk dan Istirahat Lebih Dulu

Daripada langsung mandi, sebaiknya turunkan dulu suhu tubuh kita sebelum memutuskan untuk membersihkan diri. Misalnya, jika tubuh berkeringat karena pulang dari sekolah dengan berjalan kaki, jangan langsung bergegas untuk membersihkan tubuh. Cobalah untuk duduk dan atur pernapasan lebih dulu sesampainya di rumah. 

Kita juga disarankan minum segelas air untuk membantu menormalkan suhu tubuh sekaligus mencegah dehidrasi. Jika berkeringat banyak setelah olahraga, sebaiknya lakukan latihan pendinginan lebih dahulu dibanding langsung mandi. Jangan lupa, minumlah segelas air untuk memulihkan tubuh dari rasa lelah. Setelah 15 sampai 20 menit, barulah kita boleh mandi.

Baca Lainnya : Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat, Ini Cara Mengatasinya

2. Perhatikan Suhu Air saat Akan Mandi

Selain memberi jeda waktu untuk menormalkan suhu tubuh, ada tips lain yang perlu kita perhatikan jika tidak tahan dan ingin mandi setelah tubuh berkeringat, yaitu suhu air. Pilih suhu air yang sesuai yang cocok dengan kondisi tubuh masing-masing. Mandi air dingin atau air hangat, keduanya baik untuk tubuh, asal air tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Mandi dengan air yang terlalu panas bisa membuat kulit kita kering. Daripada memilih air panas, lebih baik kita pilih air hangat. Suhu air yang hangat bisa mengurangi kekejangan pada otot setelah seharian beraktivitas. Sementara itu, mandi air dingin bisa melegakan otot dari kelelahan atau cedera. Namun, mandi dengan air yang terlalu dingin di waktu malam bisa membuat tubuh menggigil. Tubuh yang kedinginan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga berisiko membuat pilek atau flu.

Editor : System

Berita Terkait

03 April 2020
03 April 2020
03 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya