trubus.id
Tragis, 20 Kanguru Jadi Korban Tabrak Lari di Australia dalam Satu Jam

Tragis, 20 Kanguru Jadi Korban Tabrak Lari di Australia dalam Satu Jam

Astri Sofyanti - Rabu, 02 Okt 2019 12:00 WIB

Trubus.id -- Sedikitnya 20 kanguru di New South Wales, Australia, mati dalam insiden tabrak lari. Otoritas setempat menyebut kematian puluhan hewan endemic Australia ini sebagai pembantaian massal. Betapa tidak, 20 ekor kanguru menjadi korban tabrak lari dalam kurun waktu satu jam. Insiden tabrak lari ini terjadi, Sabtu (28/9) tengah malam waktu setempat di area pinggiran Tura Beach, South Coast, New South Wales.

Kelompok penyelemat satwa liat, WIRES menyebut, setidaknya ada tiga kanguru menjadi hidup sebatang kara akibat insiden tabrak lari tersebut. WIRES menyatakan insiden itu perlu mendapat perhatian serius. Polisi membawa kanguru yatim piatu berusia enam bulan ke salah satu sukarelawan pada pukul 01.30 dini hari pada Minggu lalu. Tak lama berselang, dua kanguru lainnya berusia sekitar sembilan bulan ditemukan dan harus mendapatkan perawatan intensif karena menderita luka cukup parah.

Baca Lainnya : Kekeringan, Petani New South Wales Boleh Tembak Kangguru Pesaing Ternak Mereka

Salah seorang tabrak lari, merupakan seorang remaja berusia 19 tahun yang telah di tangkap dan didakwa oleh polisi akibat melakukan pelanggaran kekejaman terhadap binatang pada Selasa (1/10) waktu setempat. Remaja tersebut diduga menabrak kanguru dengan kendaraannya pada Sabtu malam.

"Kami menangani insiden seperti ini dengan sangat serius dan siapa pun yang terlibat dalam kegiatan seperti ini akan menghadapi beban hukuman penuh," demikian dikatakan kepala inspektur Bega Valley, Peter Volf, seperti dilaporkan AFP, Rabu (2/10/19).

"Itu pemandangan yang sangat tidak menyenangkan," kata warga, Rob Evans, kepada ABC News.

Baca Lainnya : Gara-gara Ketagihan Wortel, Kangguru Serang Turis di Australia

"Polisi melihat banyak hal buruk, tetapi anda bisa melihat bahwa mereka juga terkejut," sambungnya.

Otoritas setempat menyebut, melihat kanguru mati di pinggir jalan kerap terjadi. Hampir 90 persen kecelakaan mobil di New South Wales, disebabkan oleh tabrakan dengan hewan. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020