Peta Genom Skala Besar akan Tingkatkan Hasil, Ketahanan Iklim, dan Kualitas Gandum

Syahroni - Minggu, 29 Sept 2019 16:00 WIB

Trubus.id -- Menggunakan peta genom gandum lengkap yang diterbitkan pada tahun 2018, dikombinasikan dengan data dari pengujian lapangan garis pemuliaan gandum di beberapa negara, tim ilmuwan internasional telah mengidentifikasi wilayah kromosom baru yang signifikan untuk hasil gandum dan ketahanan terhadap penyakit dan menciptakan koleksi genetik yang tersedia secara bebas dan menandai untuk lebih dari 40.000 jenis gandum.

Dilaporkan dalam jurnal Nature Genetics, Jumat (27/9) kemariin, hasil penelitian ini akan mempercepat upaya global untuk membiakkan varietas gandum roti yang lebih produktif dan tahan iklim, tanaman kritis untuk ketahanan pangan dunia yang berada di bawah ancaman kenaikan suhu, patogen jamur yang berkembang pesat, dan lebih sering kekeringan, menurut Philomin Juliana, ilmuwan gandum di International Jagung dan Perbaikan Gandum Pusat (CIMMYT) dan penulis pertama studi baru.

"Pekerjaan ini secara langsung menghubungkan peta referensi genom gandum dengan garis gandum dan data lapangan yang luas dari jaringan pemuliaan gandum global CIMMYT," kata Juliana dilansir dari phsy.org.

"Jaringan itu pada gilirannya menghubungkan ke lebih dari 200 program pemuliaan dan pusat-pusat penelitian di seluruh dunia dan berkontribusi untuk menghasilkan dan sifat-sifat kunci lainnya dalam varietas yang ditanam di hampir setengah dari lahan gandum dunia."

Makanan pokok untuk lebih dari 2,5 miliar orang, gandum menyediakan 20% kalori makanan dan protein manusia di seluruh dunia dan sangat penting untuk nutrisi dan ketahanan pangan ratusan juta orang miskin di wilayah seperti Afrika Utara dan Asia Selatan.

"Petani dan masyarakat saat ini menghadapi tantangan baru untuk memberi makan populasi yang meningkat dan urbanisasi dengan cepat, dan gandum melambangkan masalah," kata Ravi Singh, pemulia gandum CIMMYT dan penulis studi yang terkait.

"Temperatur yang lebih tinggi menahan hasil di daerah-daerah utama penghasil gandum, peristiwa cuaca ekstrem biasa terjadi, penyakit tanaman menyebar dan menjadi lebih ganas, dan tanah dan air sedang terkuras."

Juliana mengatakan bahwa hasil penelitian membantu membuka jalan untuk menerapkan seleksi genom, sebuah pendekatan yang telah mengubah peternakan sapi perah, untuk pemuliaan gandum yang lebih efisien.

"Penanda molekuler semakin murah untuk digunakan; sementara itu, sangat mahal untuk melakukan pengujian lapangan dan seleksi yang melibatkan ribuan tanaman gandum selama beberapa generasi berturut-turut," kata Juliana.

"Seleksi berbasis penanda lebar genom dapat membantu peternak untuk secara tepat mengidentifikasi garis yang baik pada generasi pemuliaan awal dan untuk menguji planlet di rumah kaca, dengan demikian melengkapi dan memperlancar pengujian lapangan." tambahnya.

Studi baru menemukan bahwa seleksi genom bisa sangat efektif dalam pemuliaan untuk kualitas penggunaan akhir gandum dan untuk ketahanan terhadap penyakit karat batang, yang patogen penyebabnya telah berkembang dan menyebar dalam bentuk ras baru yang sangat ganas.

Studi baru juga mendokumentasikan efektivitas upaya pemuliaan publik global oleh CIMMYT dan mitra, menunjukkan bahwa varietas gandum yang ditingkatkan dari pekerjaan ini telah mengakumulasi beberapa varian gen yang mendukung hasil yang lebih tinggi, menurut Hans-Joachim Braun, direktur program gandum global CIMMYT.

"Kolaborasi internasional ini, yang merupakan program pemuliaan gandum terbesar yang didanai publik di dunia, memberi manfaat bagi petani di seluruh dunia dan menawarkan jalur gandum berkualitas tinggi yang dirilis langsung ke petani di negara-negara, seperti Afghanistan, yang tidak dapat menjalankan gandum sepenuhnya. program pemuliaan," jelas Braun.

Hasil studi diharapkan untuk mendukung penemuan gen di masa depan, pemuliaan molekuler, dan pengeditan gen dalam gandum, kata Braun.

Bersama dengan sistem penanaman yang lebih efisien sumber daya, varietas gandum hasil tinggi dan tahan iklim akan menjadi komponen kunci dari intensifikasi berkelanjutan produksi pangan yang dijelaskan dalam Strategi 3 dari rekomendasi Komisi EAT-Lancet baru-baru ini untuk mengubah sistem pangan global. Genomik skala besar akan memainkan peran penting dalam mengembangkan varietas ini dan tetap unggul dalam ancaman yang terkait iklim dan penyakit terhadap ketahanan pangan. [RN]