trubus.id
Tumpahan Minyak Misterius Cemari Puluhan Pantai di Brasil

Tumpahan Minyak Misterius Cemari Puluhan Pantai di Brasil

Syahroni - Jumat, 27 Sept 2019 22:30 WIB

Trubus.id -- Para pejabat Brasil sedang menyelidiki sumber tumpahan minyak yang mencemari puluhan pantai di sepanjang pantai timur laut negara itu. Dilansir dari BBC, dari analisis terakhir menunjukkan bahwa minyak yang ditemukan adalah jenis yang tidak diproduksi di Brasil, kata badan lingkungan Ibama.

Tidak ada bukti bahwa ikan dan kerang telah terkontaminasi tetapi setidaknya enam penyu dan burung laut telah ditemukan mati. Operasi pembersihan sedang berlangsung di daerah yang terkena dampak.

Tumpahan, pertama kali terdeteksi pada 2 September silam, membentang lebih dari 1.500 km (932 mil) dan telah terdeteksi di 105 lokasi di delapan negara bagian, memengaruhi margasatwa dan pantai-pantai populer termasuk Praia do Futuro di Ceará, dan Maragogi, di Alagoas.

Minyak mentah yang tumpah tidak berasal di negara itu, kata Ibama dalam sebuah pernyataan (dalam bahasa Portugis). Tes juga menentukan minyak berasal dari satu sumber yang belum diidentifikasi.

Minyak mentah diuji sebelum diekspor untuk memastikannya mengikuti standar kilang yang dikirim, dan dapat diidentifikasi oleh unsur kimianya, lapor kantor berita Reuters.

Pihak berwenang percaya tumpahan itu mungkin disebabkan oleh sebuah kapal tanker yang mengangkut minyak jauh dari pantai. Dua barel minyak ditemukan di dua pantai di negara bagian Sergipe, kata pemerintah setempat.

Dua barel minyak telah ditemukan di pantai negara bagian Sergipe. (Foto: SERGIPE STATE GOVERNMENT)

Para pengunjung pantai dan nelayan didesak untuk menghindari materi tersebut. Dua kura-kura laut yang diselamatkan hidup-hidup dikembalikan ke laut oleh pengunjung pantai sementara yang lain dikirim ke pusat rehabilitasi.

Situasi dikatakan stabil di negara bagian yang paling terkena dampak, Rio Grande do Norte, sementara upaya sekarang sedang difokuskan pada Maranhão - bagian dari wilayah hutan hujan Amazon - tempat tumpahan baru dilaporkan.

"Kami belum pernah mengalami kecelakaan seperti ini di Brasil ... Ini adalah pertama kalinya kami melihat kecelakaan dengan sumber yang tidak diketahui mempengaruhi begitu banyak negara bagian," kata koordinator Ibama Fernanda Pirillo seperti dikutip oleh kantor berita Agência Brasil. .

Petrobras mengatakan akan mengerahkan sekitar 100 karyawan dalam upaya pembersihan meskipun tidak terlibat dalam tumpahan.

Negara yang terkena dampak tumpahan minyak

1 - Sergipe; 2 - Alagoas; 3 - Pernambuco; 4 - Paraíba; 5 - Rio Grande do Norte; 6 - Ceará; 7 - Piauí; 8 - Maranhão

Sementara itu, Anna Carolina Lobo, koordinator program kelautan di kelompok konservasi WWF di Brasil, mengatakan kasus ini mengungkapkan betapa rapuhnya sistem pengawasan negara itu.

"Brasil memiliki beberapa kapal dan analis untuk mengikuti apa yang terjadi di perairan kita," kata Ms Lobo seperti dikutip oleh Associated Press.

Dia mengatakan dukungan negara untuk pengawasan semacam itu semakin berkurang di bawah pemerintahan Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro. Presiden, yang datang ke kantor pada Januari, telah berulang kali mengkritik pekerjaan kelompok dan aktivis non-pemerintah, dan memangkas anggaran lembaga lingkungan, termasuk Ibama. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020