trubus.id
Alaska Tengah Berurusan dengan Perubahan Iklim. PBB Jabarkan Seberapa Besar Masalah Ini

Alaska Tengah Berurusan dengan Perubahan Iklim. PBB Jabarkan Seberapa Besar Masalah Ini

Syahroni - Kamis, 26 Sept 2019 20:30 WIB

Trubus.id -- PBB pada hari Rabu (25/9) kemarin merilis laporan terbaru utama tentang bagaimana perubahan iklim mempengaruhi lautan dunia dan daerah beku, seperti gletser, lapisan es dan lahan beku. Laporan ini berisi peringatan tentang bagaimana peningkatan emisi akan mempengaruhi lingkungan yang menyelimuti sebagian besar permukaan bumi - dan sebagian besar Alaska.

Profesor Universitas Fairbanks emeritus Gary Kofinas adalah satu dari lebih dari 100 pakar dari seluruh dunia yang menulis laporan, membantu memimpin bab yang berfokus pada wilayah kutub. Kofinas mengakui bahwa bagi orang Alaska, banyak hal di dalamnya tidak akan mengejutkan.

Baca Lainnya : Laporan PBB: 1 Juta Spesies di Bumi Terancam Punah Karena Kerusakan Alam

"Banyak dari apa yang terjadi di daerah kutub, khususnya Kutub Utara, akan menjadi sesuatu yang dialami orang secara langsung di Alaska," kata Kofinas.

"Misalnya, mencairkan lapisan es, perubahan musim yang mempengaruhi panen bagi pengguna subsisten dan pemanen pada umumnya, perubahan dalam perikanan, hal-hal semacam itu. Tapi yang mungkin baru bagi orang Alaska adalah skala perubahan," terangnya lagi. 

Berikut adalah beberapa takeaways laporan untuk Alaska, dan cerita terkait yang menggambarkan bagaimana perubahan iklim terjadi di seluruh negara bagian:

  • Lapisan es dan gletser di seluruh dunia telah kehilangan massa.
  • Suhu permafrost telah meningkat untuk merekam level tinggi.
  • Antara 1979 dan 2018, luas es laut Kutub Utara sangat mungkin menurun untuk semua bulan dalam setahun.
  • Penduduk Arktik, terutama masyarakat adat, telah menyesuaikan waktu kegiatan untuk menanggapi perubahan musim dan keamanan kondisi perjalanan darat, es, dan salju.
  • Perubahan yang disebabkan oleh pemanasan dalam distribusi spasial dan banyaknya stok ikan dan kerang memiliki dampak positif dan negatif pada tangkapan, manfaat ekonomi, mata pencaharian dan budaya lokal.
  • Transportasi berbasis kapal di Musim Panas Arktik (termasuk pariwisata) meningkat selama dua dekade terakhir bersamaan dengan pengurangan es laut.
  • Perlindungan pantai melalui tindakan keras, seperti tanggul, tembok laut, dan penghalang gelombang, tersebar luas di banyak kota dan delta pantai.

Baca Lainnya : PBB Sebut Perubahan Iklim Bakal Ancam Suplai Pangan Global

Kofinas mengatakan salah satu pesan utama laporan itu adalah bahwa sementara beberapa dampak iklim sudah tidak dapat dihindari, orang masih dapat membuat pilihan yang mempengaruhi seberapa parah dampak itu akan terjadi.

“Kesulitan akan dialami. Adaptasi akan dibutuhkan. Tetapi pertanyaannya adalah, sejauh mana, dan apakah kita akan bisa mengimbangi perubahan itu,” katanya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020