trubus.id
Kemenperin Perkenalkan  Produk PUFFER di Ajang TTG Nasional XXI

Kemenperin Perkenalkan Produk PUFFER di Ajang TTG Nasional XXI

Thomas Aquinus - Rabu, 25 Sept 2019 11:00 WIB

Trubus.id -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memperkenalkan produk PUFFER (Pure Water For Life), yaitu mesin penjernih air portabel dalam ajang TTG Nasional XXI di Bengkulu.

Kedepannya, alat ini akan digunakan di sejumlah rumah sakit untuk air bersih dan air minum untuk kebutuhan rumah sakit. Dikembangkan pula unit yang sesuai peruntukan Puskemas dan Kelompok Masyarakat antara 50-200 KK. Hasil inovasi ini diharapkan dapat melayani masyarakat untuk kebutuhan air yang sehat.

“Alat ini dapat mensterilkan air yang berasal dari sumber air baku seperti laut, sungai, danau, dan sumur menjadi air yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk mandi, masak dan air minum. Mesin penjernih air ini bahkan sudah terkoneksi dengan teknologi industri 4.0 dengan online monitor untuk kinerja alat dan kualitas air yang dihasilkan serta dilengkapi dengan predictive maintenance untuk menjaga kualitas air,” terang Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika dalam siaran persnya.

Baca Lainnya : Balai Kemenperin Ciptakan Powerbank untuk Kebutuhan Rumah

Disamping itu, Kemenperin turut menampilkan berbagai teknologi terkini tepat guna yang telah dikembangkan oleh Balai-balai industri di bawah binaannya.

“Untuk tahun ini, diikuti oleh tiga Balai Besar dan lima Baristand Industri,” sebut Putu.

Adapun teknologi yang ditampilkan adalah Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dengan aplikasi Dobby Elektronik dari hasil inovasi Balai Besar Tekstil, Peningkatan Mutu Kosmetik (Krim) Berbasis Turunan Kelapa Sawit dengan Pendekatan Nanoteknologi (Balai Besar Kimia Kemasan), dan Teknologi Pengolahan Limbah Industri (Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri).

Selanjutnya, Rekayasa dan Rancang Bangun Material Heat Resistant Fire Grade untuk Spare Part Boiler pada Pabrik Kelapa Sawit (Baristand Medan), serta Pengembangan Teknologi Proses dan Desain Peralatan untuk Produksi Alat Kesehatan, Otomotif, dan Karet Tambang Berbasis Karet Alam dan Biomassa (Baristand Palembang).

Berikutnya, Aplikasi dan Pengembangan Pigmen Warna Alam Gambir pada Produk Tekstil Ramah Lingkungan IKM dan Alat Pemecah Kemiri (Baristand Padang),Diversifikasi Produk Minyak Atsiri dan Produk Ikan (Baristand Ambon), serta Penerapan Teknologi Internet of Things (IoT) untuk fermentasi tembakau (Baristand Surabaya). [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020