trubus.id
Bukan Pagi-pagi, Ini Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

Bukan Pagi-pagi, Ini Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

Thomas Aquinus - Jumat, 20 Sept 2019 08:00 WIB

Trubus.id -- Ada banyak motivasi dan tujuan yang ingin dicapai seseorang saat berolahraga. Menurunkan berat badan, hidup lebih sehat, membentuk bagian tubuh tertentu yang dinilai kurang menarik, hingga menaikkan massa otot.  

Ada banyak faktor yang dapat membantu Trubus Mania menghilangkan lemak plus menaikkan massa otot, sebut saja gen, tipe tubuh, dan sebagainya. Namun, penelitian yang dilakukan Universitas Southern Mississippi menyatakan bahwa ada faktor yang tidak kalah penting untuk mencapai tujuan ini, yakni waktu yang tepat untuk berolahraga.

Waktu Tepat Berolahraga 

Mengutip Glitzmedia, dalam sebuah studi oleh University of Southern Mississippi, Amerika Serikat, para peneliti meminta para atlet muda berlatih beban untuk meningkatkan massa otot bokong, dimana seluruh peserta diwajibkan untuk mengangkat beban untuk memperkuat area bokong sebanyak tiga kali seminggu. 

Baca Lainnya : Jangan Konsumsi Makanan Ini Sebelum Berolahraga Lari

Namun, mereka dibagi dalam beberapa kelompok waktu yang berbeda agar peneliti dapat mencatat hasil latihan setelah tiga bulan. 

Hasilnya, kelompok atlet yang berlatih pada pukul 18:00 terbukti mendapatkan peningkatan massa otot yang lebih besar dibanding dengan atlet yang berolahraga pada pukul 10:00. 

Selain itu, pada bulan ketiga juga ditemukan bahwa kelompok atlet yang berlatih pada malam hari terlihat sedikit lebih ramping daripada kelompok atlet yang berlatih pada pagi hari.

Lalu bagaimana hal ini bisa terjadi? Penjelasan menarik dapat diperoleh dari Lara Carlson, Ph.D, yang dikenal sebagai Profesor Ilmu Olahraga Terapan dari Universitas New England, Inggris. Dia menyatakan bahwa olahraga pada malam hari dapat membantu meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot.

Baca Lainnya : Jangan Salah, Ini Jenis Olahraga yang Tepat Sesuai Usia

Lebih lanjut, jika pembentukan massa otot dilakukan pada malam hari maka kadar hormon kortisol akan memuncak pada pagi hari dan berada pada puncaknya saat pukul 8:00 dan perlahan menurun seiring berjalannya hari. 

Nah, ketika berolahraga pada malam hari, maka tubuh akan dipaksa untuk mempercepat metabolisme dan memengaruhi hormon kortisol, dimana tubuh akan lebih banyak membakar banyak energi yang artinya sama dengan lebih banyak otot yang terbentuk.

Tak hanya itu, Lara pun menjelaskan lebih lanjut bahwa olahraga pada malam hari juga bisa membantu seseorang tidur lebih nyenyak, asal terhidrasi dengan baik. Lara pun menyarankan jadwal harian berikut jika Trubus Mania ingin membentuk massa otot: 

07.00: Meditasi pagi

Tenangkan pikiran dan pusatkan perhatian pada diri sendiri untuk membantu suasana hati jadi lebih tenang. 

Baca Lainnya : Jangan Tunda Lagi, Ini Sebabnya Olahraga Baik untuk Otak

08.00: Berjalan kaki

Cobalah selipkan waktu untuk berjalan kaki saat berangkat ke kantor, agar kamu dapat menikmati vitamin D dari matahari sekaligus berolahraga ringan. Tak harus terlalu jauh, minimal kamu bisa memarkirkan kendaraan sedikit jauh dari kantor sehingga terpaksa harus berjalan kaki ke tempat kerja. 

13.00: Makan siang tinggi protein

Makanan otot yang paling utama adalah protein. Jadi, tak ada salahnya kamu “makan enak” sesekali. Tapi ingat, protein yang dikonsumsi sebaiknya tak mengandung lemak, ya. 

Baca Lainnya : Cara Tepat Pulihkan Kondisi Tubuh Setelah Berolahraga dengan Keras

18.00: Mulai berolahraga

Lakukanlah olahraga sesuai kebutuhan dan metode latihan yang dipilih. 

22.00: Istirahat tidur

Tidur yang nyenyak bisa membantu meningkatkan kemajuan latihan. Untuk tidur lebih nyenyak, sebaiknya hangatkan tubuh terlebih dahulu dengan minuman hangat yang mengenyangkan. [Ayu/NN]

 

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

09 April 2020
09 April 2020
08 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya