trubus.id
Benarkah Salak Penyebab Sulit Buang Air Besar? Simak Penjelasannya

Benarkah Salak Penyebab Sulit Buang Air Besar? Simak Penjelasannya

Hernawan Nugroho - Rabu, 18 Sept 2019 14:30 WIB

Trubus.id -- Trubus Mania mungkin pernah mendengar cerita bahwa makan buah salak bisa menyebabkan kita sulit buang air besar (BAB). Apakah benar begitu? Menurut HealthToday, Nyatanya, makan buah salak justru bagus untuk pencernaan kita. Salak mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, makan buah salak bersama dengan kulit arinya pun tidak menyebabkan kita sulit BAB atau sembelit.

Daging dan kulit ari dari buah salak sama-sama mengandung nutrisi yang baik untuk pencernaan karena tinggi serat dan tanin. Serat bermanfaat untuk mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kita. Jadi, salak justru bisa jadi obat alami ketika kita sulit BAB. Sementara, kandungan tanin berfungsi sebagai antimikroba alami dalam usus.

Baca Lainnya : Jadi, Buah dan Sayur Lebih Sehat Dimakan Mentah atau Dimasak?

Lalu, apa yang membuat sulit BAB? Sulit BAB tidak disebabkan karena kita makan buah-buahan. Sulit BAB biasanya disebabkan oleh konsumsi susu dan produk olahannya, makanan yang tinggi lemak dan gula, kurang serat dan kurang minum air.

Selain bisa melancarkan pencernaan, buah salak juga punya manfaat lainnya. Inilah tiga manfaat buah salak:

1. Sumber Antioksidan 

Salak mengandung antioksidan yang punya peran penting, yakni mencegah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel dalam tubuh. Contohnya kanker, penyakit autoimun, atau berbagai jenis infeksi. Antioksidan juga penting untuk memelihara kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga berbagai fungsi organ tubuh seperti jantung dan mata.

Baca Lainnya : Buah Naga Indonesia Siap Melenggang ke Pasar China

2. Kaya Zat Besi dan Kalsium 

Buah salak mengandung mineral penting seperti zat besi dan kalsium. Zat besi dan kalsium dapat menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, memperkuat otot dan sendi, mengatur kekentalan darah, serta meningkatkan fungsi saraf di seluruh tubuh.

3. Mengandung Vitamin C 

Tak hanya jeruk, buah salak juga mengandung vitamin C. Tubuh tidak bisa memproduksi sendiri vitamin C. Karena itu, kita membutuhkan asupan vitamin C dari makanan dan minuman. Vitamin C juga dapat menjaga kekenyalan dan kelembutan kulit. Selain itu, vitamin C juga dapat membuat otot-otot di tubuh kita tetap lentur. [NN]

 

Editor : System

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020