trubus.id
Anjing Gemar Menjilat Wajah Pemiliknya,  Berbahayakah?

Anjing Gemar Menjilat Wajah Pemiliknya, Berbahayakah?

Hernawan Nugroho - Rabu, 18 Sept 2019 17:00 WIB

Trubus.id -- Sebagai pemilik anjing, Trubus Mania mungkin terbiasa dengan wajah yang dijilat hewan kesayangannya, tapi mengapa anjing menjilat wajah pemiliknya? Ini dia penjelasannya menurut PetWorld, menjilati wajah anjing lain atau wajah manusia adalah perilaku sosial yang normal. Menjilati bisa menjadi sinyal untuk meminta makanan, lebih banyak informasi sosial, tanda kasih sayang atau untuk meminta perhatian. Anjing menjilati wajah atau bagian tubuh lain juga dapat terjadi sebagai bagian dari perawatan dirinya.

Anjing biasa juga menjilat wajah anjing lain dan wajah pemilik atau bagian tubuh lainnya. Ketika anjing tidak dapat mencapai wajah pemiliknya, ia mungkin menjilat bagian tubuh terdekat, yang mungkin tangan, lengan, atau kaki. Dalam kasus-kasus tertentu, perilaku menjilati dapat diartikan sebagai tanda kasih sayang. Beberapa anjing mungkin mencoba menjilat wajah orang asing.

Baca Lainnya : Penting! Pilih Anjing Kesayangan yang Tepat Sesuai Fungsi dan Karakternya

Mengapa mereka melakukan itu? Mungkin dalam upaya untuk menenangkan orang asing sehingga orang asing itu melakukan sesuatu yang berbahaya atau mengancam anjing. Ketika anjing menjilati wajah anak-anak, itu bisa menjadi tanda kasih sayang, ketenangan atau hanya tindakan membersihkan sisa makanan dari wajah mereka.  

Apakah ada risiko kesehatan saat dijilat anjing?  Untuk anak-anak dan orang dewasa yang sehat, air liur anjing bukan risiko kesehatan bagi kulit. Namun, tidak sehat jika membiarkan anjing menjilat luka terbuka pada kulit. Air liur mereka dapat terus membuat luka tetap lembab dan terbuka dan memungkinkan bakteri untuk berkembang, yang mengarah ke infeksi kulit yang potensial.

Ada kasus yang dilaporkan di mana orang menjadi sakit karena bakteri yang dibawa dalam air liur anjing. Dalam kasus-kasus itu, bakteri Capnocytophaga canimorsus adalah biang keladinya. Bakteri khusus ini ditemukan pada anjing dan kucing dan tidak berbahaya bagi mereka. Namun, dalam kasus di mana seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu, ada potensi bakteri untuk menyebabkan infeksi. Bakteri bisa masuk ke kulit melalui luka terbuka, seperti dari gigitan atau luka pada kulit. Cara terbaik adalah mencuci tangan setelah mengelus anjing.

Jadi haruskah kita membiarkan anjing menjilati tubuh kita?  Bagi sebagian besar orang sehat, anjing yang menjilati wajah atau bagian tubuh lain harus menimbulkan risiko kesehatan minimal. Jika khawatir, jangan biarkan anjing menjilat mulut atau di dekat luka kulit terbuka.  

Baca Lainnya : Apakah Benar Anjing Dapat Merasakan Orang

Kadang-kadang ada pemilik menawari anjing bagian bawah daguku untuk dijilat. Kemudian segera mencuci muka atau menggunakan semprotan antibakteri atau gel pembersih pada area wajah. Sebagai alternatif, pemilik dapat membiarkan mereka menjilat tangan  dan kemudian saya mencuci tangan sesudahnya atau menggunakan semprotan antibakteri atau gel di tangan. 

Bagaimana jika Trubus Mania bukan pemilik yang mengijinkan wajahnya dijilati oleh anjing kesayangan?   Jika  anjing akan menjilati wajah atau mulut saat pemiliknya makan, dan dapat memberinya sepotong makanan, itu mendorong perilaku untuk melanjutkan ke aktivitas lain dan tidak jadi menjilat. Jika tidak suka anjing menjilat wajah, arahkan mereka untuk menunjukkan kasih sayang dan perhatian dengan cara lain yang lebih dapat diterima oleh pemiliknya. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020