trubus.id
Jangan Sembarangan Kasih Makan, Ini Dia Jenis yang Beracun untuk Burung

Jangan Sembarangan Kasih Makan, Ini Dia Jenis yang Beracun untuk Burung

Hernawan Nugroho - Selasa, 17 Sept 2019 17:00 WIB

Trubus.id -- Burung peliharaan juga suka berbagi waktu makan dengan kawanannya, apakah mereka burung lain di rumah atau bersama pemiliknya. Memberi makan teman-teman berbulu itu adalah cara yang bagus untuk bersosialisasi dengan mereka. Namun, ada beberapa makanan yang disukai manusia yang tidak boleh dibagikan dengan burung peliharaan karena potensi toksisitas. Laurie Hess, DVM, seorang dari American Board of Veterinary Practitioners, dan dokter hewan di Bedford Hills, New York, mengatakan kepada VetWest, makanan yang lazimnya beracun bagi burung adalah:

Baca Lainnya : Burung Cerdas Berubah Agresif Saat Mendengar Teriakan Gadis Kecil

1. Kafein

Kita semua menyukai produk-produk berkafein, seperti kopi, teh, dan minuman ringan, karena kemampuannya untuk merangsang kerja jantung dan membangunkan kita. Sangat menggoda untuk ingin berbagi seteguk minuman ajaib ini dengan burung peliharaan, tetapi bahkan satu atau dua teguk minuman ini bisa menjadi racun bagi teman berbulu Trubus Mania. Kafein dapat meningkatkan denyut jantung, menyebabkan aritmia dan hiperaktif, dan bahkan menyebabkan terhentinya jantung pada burung. Jadi, lewati produk-produk berkafein, dan pilihlah air atau sesekali rasa jus buah untuk burung yang haus. [NN]

(foto: gettyimages)

2. Cokelat

Burung sulit menolak cokelat atau makanan yang mengandung cokelat, namun, meskipun dalam jumlah yang sangat kecil, mereka bisa menjadi racun bagi burung. Cokelat mengandung theobromine dan kafein, yang dapat menyebabkan muntah dan diare, peningkatan denyut jantung, menyebabkan tremor dan kejang dan menyebabkan hiperaktif dan bahkan kematian pada burung. Jadi, jangan tergoda untuk berbagi M&M atau Hershey's Kiss dengan burung kesayangan, tawarkan padanya sepotong buah manis, seperti mangga, melon, atau anggur sebagai gantinya.

(foto: shutterstock)

3. Garam

Banyak dari kita menambahkan bumbu favorit ini ke banyak makanan yang berbeda tanpa berpikir, plus, siapa yang tidak suka keripik asin, popcorn, pretzel, dan cracker? Tetapi, sama seperti garam terlalu banyak tidak baik untuk kita, itu juga tidak baik untuk burung kita, dan bahkan sedikit pun berpotensi beracun bagi burung kecil. Bahkan satu keping asin atau pretzel dapat membuang keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh burung yang mungil, yang menyebabkan rasa haus yang berlebihan, dehidrasi, gagal ginjal, dan kematian. 

(foto: cuisine)

4. Makanan Tinggi Lemak

Konsumsi makanan berlemak tinggi pada manusia, seperti mentega, minyak, daging berlemak dan kacang-kacangan, dapat menyebabkan penumpukan deposit kolesterol dalam arteri kita (dikenal sebagai atherosclerosis), yang membuat kita terkena penyakit jantung dan stroke. Konsumsi makanan ini juga bisa memicu obesitas. Proses yang sama terjadi pada burung, dan spesies burung tertentu, seperti burung kakatua Amazon dan Quaker, rentan terhadap pengembangan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi serta penyakit arteri koroner. Karena itu, sama seperti kita harus membatasi konsumsi makanan berlemak tinggi dalam makanan kita, demikian juga burung.

(foto: vetwest)
 
Burung dapat menggigit daging yang dimasak atau satu atau dua kacang setiap minggu, tetapi mereka tidak boleh ditawari menumpuk jumlah benda yang penuh lemak ini, terutama jika mereka relatif kecil terhadap ukuran porsi. Burung suka kacang, tetapi satu almond atau kenari tawar setiap hari cukup untuk burung nuri berukuran sedang seperti nuri abu-abu Afrika. Burung yang lebih besar yang makan lebih banyak lemak di alam liar, seperti macaw, mungkin memiliki beberapa kacang sehari, sementara yang lebih kecil, seperti cockatiel dan budgies, harus ditawarkan tidak lebih dari beberapa irisan almond atau sepotong kenari setiap hari.

Baca Lainnya : Burung Paruh Bengkok Raksasa Huni Daratan Selandia Baru 19 Juta Tahun Lalu

5. Lubang Buah dan Biji Apel

Walaupun sebagian besar buah aman dan umumnya sehat untuk dikonsumsi burung dalam jumlah kecil, buah-buahan tertentu mengandung biji (seperti apel dan pir) dan lubang (seperti ceri, aprikot, persik, nektarin, dan prem), tidak boleh ditawarkan kepada burung tanpa buang biji dan lubang terlebih dahulu, karena biji dan lubang ini mengandung sejumlah kecil senyawa sianida beracun jantung. Setelah biji dan lubang dibuang, buah-buahan ini benar-benar aman untuk dikonsumsi. Benih dari produk lain, seperti anggur, buah jeruk, labu, labu, tomat, melon, mangga, delima dan beri, semuanya aman untuk dikonsumsi burung dan dapat diberi makan tanpa khawatir.

(foto: cuisine)

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020