trubus.id
Aktivis Lingkungan Swedia Dukung Pelajar di New York Bolos Sekolah Demi Aksi Protes Perubahan Iklim

Aktivis Lingkungan Swedia Dukung Pelajar di New York Bolos Sekolah Demi Aksi Protes Perubahan Iklim

Astri Sofyanti - Jumat, 13 Sept 2019 11:30 WIB

Trubus.id -- Demi aksi protes perubahan iklim, Pemerintah New York, Amerika Serikat mengizinkan siswa-siswi untuk bolos sekolah. Pemerintah New York mendukung para siswa-siswi untuk bergabung melakukan aksi protes dengan aktivis lingkungan Swedia, Greta Thunberg dalam aksi sebagai bagian dari demonstrasi iklim yang serentak diadakan di seluruh dunia yang akan berlangsung pada 20 September mendatang.

Aksi ini digelar menjelang pertemuan puncak PBB terkat Zero Emisi pada 23 September 2019. Dilaporkan, lebih dari satu juta siswa terdaftar di lebih dari 1.700 sekolah umum di New York.

"Kota New York berdiri bersama orang-orang muda kita. Mereka adalah hati nurani kita. Kami mendukung 9/20 #ClimateStrike," tulis Wali Kota New York dari Partai Demokrat, Bill de Blasio, di Twitter, seperti dikutip AFP dari Inews, Jumat (13/9).

Baca Lainnya : Walhi Desak Pemerintah Aceh Tidak Terbitkan Izin Lingkungan untuk Korporasi Penambang Emas

Thunberg aktivis muda ini yang baru berusia 16 tahun ini mengajak para remaja dan siswa-siswi sekolah di seluruh dunia untuk bolos setiap jumat. Adanya seruan “Jumat Untuk Masa Depan” menyerukan semua orang bertindak untuk menyelamatkan Bumi.

Tidak diketahui berapa banyak orang yang akan hadir, namun aktivis lingkungan AS, Bill McKibben, salah satu penyelenggara acara, mengatakan,"Aksi itu akan menjadi hari terbesar aksi iklim yang dunia saksikan."

Selebriti dan organisasi non-pemerintah menyerukan semua orang untuk turun ke jalan demi menyelematkan Bumi.

Sebagai aktivis lingkungan Thunberg diketahui telah berlayar ke New York bulan lalu setelah 15 hari perjalanan melintasi Atlantik dengan kapal pesiar bebas emisi. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020