trubus.id
Badai Dorian Diprediksi Tidak Menghantam Daratan Florida

Badai Dorian Diprediksi Tidak Menghantam Daratan Florida

Thomas Aquinus - Rabu, 04 Sept 2019 16:00 WIB

Trubus.id -- Badai Dorian diperkirakan tidak akan menghantam daratan Florida, namun penduduk negara bagian tersebut tetap dihimbau untuk waspada terhadap besarnya dampak yang ditimbulkan dari Badai Dorian.

Peramal cuaca mengatakan, Dorian semakin besar dan akan bergerak mengancam Florida dan Georgia pada Selasa (3/9) hingga Rabu (4/9) malam, lalu mengancam North dan South Carolina Selatan dengan curah hujan besar dan angin kencang.

Hingga Selasa malam, Dorian menjadi badai Kategori 2, sekitar 200 kilometer sebelah timur Cape Canaveral, Florida, dengan kecepatan angin tetap 175 kilometer per jam.

Peringatan badai tropis juga berlaku untuk daerah dari dekat Sungai Savannah di sepanjang perbatasan Georgia-South Carolina di sebelah utara kota selancar, North Carolina.

Baca Lainnya : Badai Dorian Hancurkan 13.000 Rumah di Bahama, Tercatat Lima Warga Tewas

Bahkan, meskipun tetap di lepas pantai, angin dan hujan Dorian meluas 95 kilometer dari pusatnya dan diperkirakan akan tetap kuat sepanjang sisa minggu ini.

Dilansir dari VOAIndonesia, Pusat Badai Nasional di Miami memperingatkan semua orang di sepanjang pantai Atlantik Tengah - dari Maryland sampai Kota New York untuk memantau Dorian.

Dorian, Selasa (3/9), akhirnya menjauh dari Bahama. Kurangnya arus angin di atmosfer itu membuat Dorian bertahan di atas Pulau Abaco dan Grand Bahama selama dua hari sebagai badai kategori 4, yang terkuat yang pernah terjadi di Bahama.

Laporan awal mengatakan lebih dari 13.000 rumah hancur. Landasan pacu di bandara internasional Grand Bahama terendam air menyulitkan upaya penyelamatan.

Baca Lainnya : Badai Dorian Hancurkan Bahama, Ancaman Besar Bagi Sebagian Wilayah Amerika

Lima kematian telah dilaporkan. Tetapi Lia Head-Rigby, yang menjalankan organisasi bantuan badai di Abaco mengatakan mayat-mayat sedang dikumpulkan.

Ia mengatakan masalahnya bukan lagi membangun kembali Abaco namun sekarang saatnya untuk memulai dari awal. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020