trubus.id
Melalui Dongeng, Sudin KPKP Jakarta Timur Kampanyekan Kebiasaan Makan Ikan pada Ratusan Siswa SD

Melalui Dongeng, Sudin KPKP Jakarta Timur Kampanyekan Kebiasaan Makan Ikan pada Ratusan Siswa SD

M. Iman P Perkasa - Selasa, 03 Sept 2019 22:00 WIB

Trubus.id -- Yang kita tahu, ikan adalah salah satu pangan sumber protein dan lemak yang baik. Omega 3 dan omega 6 berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan sel otak, sehingga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak. 

Namun menurut studi yang baru-baru ini di publikasikan dalam Jurnal Scientifik Reports, anak yang mengonsumsi ikan walaupun satu kali dalam seminggu tidak hanya punya skor IQ lebih tinggi, tapi ada pengaruh juga ke pola tidurnya. Hasil studi menunjukkan bahwa ada hubungan antara omega-3s dengan kenaikan IQ dan perbaikan pola tidur anak. Omega-3s sendiri merupakan asam lemak esensial yang ditemukan di ikan laut dalam seperti salmon, sarden, dan tuna.

Baca Lainnya : Konsumsi Ikan Agar Kualitas Tidurmu Lebih Baik dan IQ Naik

Karena ragam manfaatnya itulah tak salah jika Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadikan program gemar makan ikan pada anak-anak di usia sekolah dasar sebagai salah satu program andalannya untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak generasi penerus bangsa.

Selasa (3/9) pagi, kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Gemarikan sebagai salah satu perwujudan program itu digelar di Sekolah Dasar Negeri 03 Pagi, Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Dalam sambutannya, Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan kedua yang dilakukan berturut-turut di wilayahnya.

"Kegiatan ini merupakan satu ajakan, satu kewajiban pada anak-anak kita agar mencintai mengkonsumsi makan ikan setiap hari untuk membentuk intelektual yang lebih baik ke depan. Daya pikir, pola pikir dan prilaku," terang M Anwar kepada Trubus.id di lokasi.

Untuk itu Wali Kota mengimbau para siswa yang hadir agar ketika di rumah minta dimasakan ikan sebagai menu utama. Sebab, ikan memiliki kandungan baik untuk pertumbuhan anak dan kecerdasan otak.

Baca Lainnya : Makan Ikan Dapat Mengurangi Gejala Asma pada Anak-anak

Safari Gemarikan sendiri terus digencarkan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Timur. Kampanye manfaat daging ikan sebagai makanan utama atau kudapan sehat untuk anak dikemas degan berbagai cara unik, salah satunya melalui dongeng agar dapat dengan mudah dicerna anak-anak yang hadir.

“700 siswa-siswi yang menghadiri kegiatan ini, memang sudah menjadi program Gubernur untuk membiasakan makan ikan sejak dini guna mencerdaskan otak,” terang Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Timur, ungkap Yuli Absari dalam sambutannya.

Selanjutnya, Yuli menyampaikan target untuk mengkampanyekan gemar makan ikan untuk di Jakarta Timur sebanyak 14.000 anak untuk 10 Kecamatan yang ada di wilayah Jakarta Timur. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020