trubus.id
Mencoba Kabur dari Kebun Binatang, Seekor Monyet Asah Batu untuk Pecahkan Kaca

Mencoba Kabur dari Kebun Binatang, Seekor Monyet Asah Batu untuk Pecahkan Kaca

Astri Sofyanti - Senin, 02 Sept 2019 17:30 WIB

Trubus.id -- Ada-ada saja tingkah laku monyet yang satu ini. Betapa tidak, karena tidak betah berada di kebun binatang Zhengzhou, Provinsi Henan, China, seekor monyet capuchin di China mengasah batu untuk memecahkan kaca. Monyet berwajah putih asal Kolombia ini seketika viral di media sosial China karena kecerdasannya.

Bahkan dalam sebuah video yang direkam oleh pengunjung kebun binatang Zhengzhou, video tersebut merekam percobaan monyet tersebut yang ingin kabur. Dalam video, monyet tersebut membenturkan batu ke kaca kandang berulang kali. Setelah beberapa kali percobaan, monyet tersebut berhasil membuat retakan pada seluruh bagian kaca.

Ketika ia berhasil membuat retak kaca kandangnya, monyet tersebut berhenti ketika mendengar teriakan para pengunjung karena retakan kaca itu bisa saja runtuh dan menimpa sang monyet, tapi akhirnya ia berlari menjauh daru kaca tersebut.

Wang salah seorang pengunjung bahkan menjadi sakmi mata, ketika monyet itu mengasah sebuah batu yang ia gunakan untuk memukul kaca.

"Monyet itu takut, tapi dia kembali untuk melihat (kaca) dan menyentuhnya lagi. Dia tidak seperti monyet lainnya, dia tahu cara menggunakan alat untuk memecahkan kaca," demikian penjelasakn salah seorang staf kebun binatang Zhengzhou, Tian Shuliao, seperti dikutip South China Morning Post, Senin (2/9/19).

Pihaknya mengaku, kejadian monyet mencoba memecahkan kaca kandangnya baru pertama kali terjadi di kebun binatang Zhengzhou.

“Kaca didesain kuat agar tak bisa pecah meski retak. Setelah kejadian ini, kami telah mengambil batu yang ada di dalam kandang,” ujarnya.

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020