trubus.id
4 Manfaat Buah Plum untuk Bantu Lancarkan Dietmu

4 Manfaat Buah Plum untuk Bantu Lancarkan Dietmu

Thomas Aquinus - Senin, 26 Agu 2019 06:00 WIB

Trubus.id -- Lagi-lagi soal cara menurunkan berat badan. Ya, menjalankan diet sehat adalah salah satu upaya untuk mendapatkan berat badan ideal alias langsing tanpa menyiksa diri. Untuk diet sehat, selain menjaga asupan makanan dan minuman, buah juga punya peranan penting. Pasalnya buah-buahan bisa membantu proses pembakaran kalori dan lemak dengan lebih optimal, dan punya banyak nutrisi baik bagi tubuh. Plum alias prem adalah salah satu buah yang wajib dikonsumsi untuk mendukung dietmu.  

Buah berwarna ungu gelap dari famili Rosacease ini dipercaya bisa membuatmu kenyang lebih lama. Berikut beberapa manfaat buah plum untuk diet yang harus Trubus Mania ketahui.

1. Bantu cegah sembelit

Mengutip laman Glitzmedia, salah satu manfaat buah plum untuk diet adalah mencegah sembelit. Ini karena di dalam buah plum terdapat serat yang memadatkan massa feses serta membantu melancarkan proses pembuangannya, sehingga dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

2. Bantu turunkan kadar kolesterol 

Salah satu manfaat buah plum untuk diet lainnya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan asam propionat yang dihasilkan buah plum dipercaya memiliki sifat penurun kolesterol.

3. Bantu perangi diabetes 

Manfaat buah plum untuk diet yang terakhir adalah dapat membantu memerangi penyakit diabetes, karena kandungan flavonoid di dalamnya mampu memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh.

4. Kadar gulanya rendah 

Bonusnya, buah plum memiliki indeks glikemik rendah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan camilan di siang, sore, ataupun malam hari. Juga tak perlu khawatir bagi kamu yang juga memiliki potensi diabetes keturunan. 

Tapi perlu diingat, tidak disarankan menjalani diet hanya dengan buah plum saja tanpa asupan lain, ya. Karena masih ada protein, karbohidrat, dan lemak dari makanan lain yang dibutuhkan tubuh. [Ayu/NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020