trubus.id
Citra Satelit NASA Tangkap Gambar Tragis Hutan Amazon Terbakar

Citra Satelit NASA Tangkap Gambar Tragis Hutan Amazon Terbakar

Thomas Aquinus - Kamis, 22 Agu 2019 18:00 WIB

Trubus.id -- Hutan Amazon adalah rumah bagi lebih dari tiga juta spesies tanaman dan hewan, serta satu juta penduduk asli, tetapi hutan hujan Amazon saat ini mengalami kebakaran hutan terburuk yang pernah ada. Bahkan, NASA telah mengungkapkan bahwa kebakaran itu sangat luas sehingga bahkan dapat dilihat dari luar angkasa.

Gambar mengejutkan yang ditangkap oleh satelit Aqua NASA mengungkapkan, beberapa kebakaran yang membakar di negara bagian Rondonia, Amazonas, Pará, dan Mato Grosso pada 11 Agustus dan 13 Agustus 2019.

Dilansir dari Miror, NASA menjelaskan, "di wilayah Amazon, kebakaran jarang terjadi sepanjang tahun karena cuaca basah mencegah mereka mulai dan menyebar."

Baca Lainnya : Tanpa Bukti, Presiden Brasil Tuding LSM Sebagai Biang Keladi Kebakaran Hutan Amazon

Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional juga mengungkapkan gambar kebakaran yang diambil dari satelit NOAA-20-nya. Dijelaskannya "dalam gambar ini, diambil oleh NOAA-20, asap dari api ini dapat terlihat dengan jelas.

"Asap ini menyerap sinar matahari, tidak hanya mencegahnya mencapai tanah, tetapi juga mendinginkan permukaan dan memanaskan atmosfer. Proses ini dapat menekan pembentukan awan." tulisnya.

Foto citra satelit hutan Amazon terbakar (Foto: National Oceanic and Atmospheric Administration)

Menurut National Institute for Space Research (INPE), 72.843 kebakaran hutan telah terdeteksi di negara tersebut sejauh ini, dengan 9.507 terlihat pada minggu lalu.

Secara keseluruhan, total aktivitas kebakaran di Amazon dan Rondonia jauh di atas rata-rata, dibandingkan dengan 15 tahun sebelumnya, menurut Database Emisi Kebakaran Global. Namun, aktivitas kebakaran sebenarnya lebih rendah dari rata-rata di Mato Grosso dan Para. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020