trubus.id
Cara Tepat Pulihkan Kondisi Tubuh Setelah Berolahraga dengan Keras

Cara Tepat Pulihkan Kondisi Tubuh Setelah Berolahraga dengan Keras

Hernawan Nugroho - Kamis, 22 Agu 2019 14:00 WIB

Trubus.id -- Jika Trubus Mania adalah seseorang yang secara teratur berolah raga di gym untuk membakar kalori dan menjaga tubuh tetap fit dan kuat, itu adalah keputusan yang tepat. Micah Golden-Grant, M.Ed, NASM-CPT, seorang ahli kesehatan dari University California in Los Angeles, mengatakan kepada the NewYork Times, berolahraga dapat menjadi aset utama bagi kesehatan baik secara fisik maupun emosional. Namun, yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui bagaimana memulihkan setelah latihan di gym yang berat.

"Tanpa pemulihan yang tepat, bisa terjadi cedera otot, tendon, atau tulang," ujar Grant. Jadi bagaimana cara pemulihan yang cepat dan aman dari cedera? Simak keterangan berikut ini.

Baca Lainnya : Benarkah Minum Air Es Usai Berolahraga Bisa Sebabkan Kematian?

1. Pulihkan kembali cairan tubuh

Mungkin Trubus Mania sangat sering mendengar anjuran ini: Minumlah banyak air. Menurut Golden-Grant, setelah sesi latihan yang intens, air yang diminum telah digunakan oleh otot-otot untuk membawa lebih banyak oksigen, sehingga seluruh tubuh cenderung merasa terkuras.

Solusinya? Minumlah lebih banyak dari biasanya. Jika sampai dehidrasi, maka tubuh akan cenderung lebih cepat lelah dan lebih sulit untuk pulih.

Jangan sampai dehidrasi karena akan memerlukan pemulihan dalam waktu lebih lama lagi (foto: HealthToday)

2. Peregangan otot 

Setelah berolahraga, otot-otot telah bekerja keras, lelah, dan kencang. Denga melakukan peregangan aktif  dapat membantu otot untuk bangkit kembali dengan lebih cepat dan memicu proses pemulihan otot ke kondisi yang elastis.

3. Berikan tubuh makan yang dibutuhkan

Berolahraga mempengaruhi kadar gula darah seseorang. Grant menjelaskan bahwa mengisi tubuh dengan makanan pasca-latihan adalah yang terpenting, dan dia menyarankan melakukannya dengan camilan bergizi dalam waktu 30 menit setelah latihan selesai. Ia menyarankan untuk mengonsumsi karbohidrat dan protein.dengan perbandingan karbohidrat dengan protein 3: 1.

Buah pisang dengan mentega almond adalah pilihan yang bagus untuk sebelum atau setelah latihan di gym, karena itu diimbangi dengan protein dan karbohidrat dan akan membuat energi tetap tersedia sepanjang aktivitas.

Baca Lainnya : Ini Alasan Kenapa Olahragawan Wajib Konsumsi Pisang

4. Luangkan Waktu Untuk Beristirahat

Grant menyarankan untuk merencanakan waktu istirahat secara sistematis, tetapi jika itu tidak mungkin, ia mengatakan supaya selalu dapat berpegang pada aturan umum: Berolahragalah saat bisa dan istirahat saat perlu. "Pada saat beristirahat itu, tetap dapat melakukan aktifitas, tetapi yang ringan saja," katanya. Pergi untuk bersepeda santai di sekitar kota, berjalan dengan seorang teman, atau menghadiri kelas yoga yang lembut.

Berbicara tentang istirahat, jangan lupa untuk fokus pada kebiasaan tidur yang cukup Kurang tidur dapat menyebabkan energi rendah, sistem kekebalan tubuh menurun, dan kinerja organ tubuh menurun. [NN]

 

Editor : System

Berita Terkait

03 April 2020
03 April 2020
03 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya