trubus.id
Buka Peluang Usaha di Desa Hanya Dibutuhkan Pola Pikir yang Kreatif

Buka Peluang Usaha di Desa Hanya Dibutuhkan Pola Pikir yang Kreatif

Thomas Aquinus - Selasa, 20 Agu 2019 11:30 WIB

Trubus.id -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, untuk membuka peluang usaha di desa dibutuhkan pola pikir yang kreatif atau di luar rata-rata. 

"Banyak transmigran sukses, karena mereka bisa berpikir di luar rata-rata orang biasa," katanya saat membuka Seminar Soft Skill Entrepreneur di Harris Sunset Road Bali, Senin (19/8).

Di hadapan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-Provinsi Bali ini Menteri Eko mengatakan, pengusaha di zaman revolusi industri 4.0 saat ini dipermudah dengan fasilitas teknologi serba canggih. Hal tersebut dapat mendorong pengusaha-pengusaha kecil untuk terus berinovasi.

Baca Lainnya : Desa Samiran, Destinasi Wisata Baru Berkat Sinergi BUMN dan BUMDes

"Dulu kalau mau sukses, harus deketin perusahaan besar. Sekarang terbalik, perusahaan besar yang harus deketin perusahaan-perusahaan kecil. Karena market sekarang dipegang oleh perusahaan-perusahaan kecil," katanya.

Berdasarkan siaran persnya, Eko mengakui banyak pengusaha yang menjadikan kelemahan infrastruktur desa sebagai kendala membuka peluang usaha. Padahal menurutnya, seorang pengusaha harus mampu membaca setiap kesempatan dari kekurangan dan kelemahan.

"Kuncinya sekarang semua bisa jadi kesempatan. Saya pernah datang ke desa di Gorontalo dan Jambi yang desanya begitu miskin, tidak ada infrastruktur. Saya diajak ke desa wisata yang jalannya rusak dan becek. Tapi kreatif, dia (pengusaha) beli jeep willys, jadi masuk ke desanya dijadikan atraksi. Hotelnya dibikin kayak tenda, cuma kamar mandinya bagus," ungkapnya.

Baca Lainnya : Pengembangan Desa Wisata Wujudkan Desa Menjadi Mandiri dan Berkembang

Namun, dirinya juga mmenekankan bahwa seorang pengusaha tidak boleh merasa puas atas capaian yang telah didapat. Menurutnya, perasaan puas bagi seorang pengusaha adalah awal dari kemunduran.

"Saya yakin generasi muda Indonesia sekarang ini berani. Mau usaha apa aja sekarang bisa," katanya. [NN]

 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020