trubus.id
Berikut Ini 6 Cara Membakar Lemak Meski dalam Kondisi Tidur

Berikut Ini 6 Cara Membakar Lemak Meski dalam Kondisi Tidur

Syahroni - Minggu, 18 Agu 2019 06:00 WIB

Trubus.id -- Memang, olahraga merupakan cara membakar cadangan lemak dalam tubuh, namun ia bukan satu-satunya cara, loh. Ternyata, tidur malam juga bisa dimanfaatkan untuk membakar lemak. Kok bisa? Berikut beberapa cara supaya lemak dalam tubuh bisa lebih banyak terbakar selagi kita tidur.

Hindari karbohidrat untuk makan malam

Kamu pasti sering mendengar orang-orang menghindari nasi saat makan malam, kan? Ya, meski saat tidur tubuh tetap membutuhkan energi untuk menjalankan fungsinya - mulai dari bernapas, memompa darah, hingga mencerna makanan - namun energi yang bisa dihasilkan makanan berupa karbohidrat dan lemak itu sebaiknya bukan berupa karbohidrat kompleks seperti nasi, mi atau roti. Hindari mengonsumsinya dua jam sebelum tidur malam, ya. 

Minum teh hijau

Khasiat teh hijau mungkin sudah tidak dapat diragukan lagi, termasuk dalam menurunkan berat badan. Seduh teh hijau hangat tanpa gula sebelum tidur. Mengutip laman Healthline, secangkir teh hijau tak cuma bisa menghambat sel dalam membentuk lemak, tapi juga mampu merangsang tubuh untuk melakukan pemecahan lemak.

Konsumsi kacang-kacangan

Mengutip CNN, Direktur lembaga Sleep to Live Institute Dr Robert Oexman mengatakan, memakan segenggam almond atau kenari sebelum tidur tak hanya bisa menghilangkan rasa lapar, tapi juga dapat membuat tidur lebih nyenyak dan meningkatkan kesehatan jantung karena mereka dapat meningkatkan produksi hormon melatonin. 

Lights off

Tidur dalam kamar yang temaram bisa membantu tubuh melepaskan hormon melatonin yang dapat membuat kita lebih mudah tidur nyenyak. Tidak hanya itu, hormon melatonin juga bisa membantu menstabilkan tekanan darah, serta menetralkan kadar hormon stres. Ia juga memiliki andil dalam menghasilkan lemak cokelat, yakni lemak yang dapat memaksimalkan metabolisme kalori, yang menjadi kunci untuk mengikis cadangan lemak dalam tubuh.

Tidur dalam kamar yang dingin

Kabar baik bagi pencinta suhu dingin saat tidur. Udara dingin bisa mendorong tubuh membakar lebih banyak kalori, loh. Mengutip The Sleep Doctor, psikolog klinis Michael J Breus, kamar tidur yang dingin dapat merangsang tubuh memproduksi lemak cokelat yang efektif memaksimalkan metabolisme tubuh.

Tidur tanpa busana

Breus juga menyarankan pasiennya untuk tidur tanpa busana demi memperlancar pembakaran lemak tubuh. Pasalnya, tidur dengan melepas pakaian membuat tubuh terstimulasi untuk mengatur suhu sendiri, menyesuaikannya dengan suhu kamar, yang membutuhkan cukup banyak energi untuk melakukannya. Hasilnya, cadangan lemak pun bisa terbakar saat tidur untuk menghasilkan energi. 

Editor : Syahroni

Berita Terkait

08 April 2020
08 April 2020
08 April 2020

Baca Juga

Berita Lainnya