trubus.id
Berlibur ke Filipina, Menikmati Berbagai Persamaan dengan Indonesia

Berlibur ke Filipina, Menikmati Berbagai Persamaan dengan Indonesia

Hernawan Nugroho - Kamis, 15 Agu 2019 21:30 WIB

Trubus.id -- Negara-Negara di Asia Tenggara memiliki banyak obyek wisata alamnya. Jangan lupa, Indonesia mempunyai sahabat yang baik yaitu Filipina, negara tetangga yang terletak di sebelah utara Indonesia. Pantas jika dijadikan negara tujuan untuk liburan, lho. Menurut Phinemo, Ternyata, negara itu memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia. Trubus Mania, mari kita kupas satu per satu.

1. Negara Kepulauan

Indonesia dan Filipina sama-sama negara kepulauan. Kepulauan Indonesia membentang secara horizontal (melebar), sementara Kepulauan Filipina membentang secara vertikal (memanjang). Jumlah pulau di Filipina mencapai 7.000 pulau, sementara jumlah pulau di Indonesia mencapai 13.000 pulau.

Bentuk negara yang kepulauan ini menjadikan penduduk kedua negara banyak yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Hasil laut Indonesia dan Filipina pun cukup melimpah. Selain sama-sama negara kepulauan, Indonesia dan Filipina juga memiliki lahan yang subur. Hal ini dikarenakan baik Indonesia maupun Filipina memiliki banyak gunung api.

Baca Lainnya : Traveler Sejati, Jangan Lewatkan 7 Pengalaman Liburan Seru di Tempat Ini

2. Penduduknya sangat Mirip dari segi Fisik

Sekilas, orang Filipina dan orang Indonesia sulit untuk dibedakan. Kulit sawo matang, mata dengan ukuran normal, rambut hitam, dan tinggi sedang. Mereka sering diajak berkomunikasi dengan bahasa Tagalog. Penduduk lokal mengira para pelancong asal Indonesia tadi adalah warga Filipina. 

3.Kosakata Bahasa Tagalog banyak kemiripan dengan Kosakata Bahasa Indonesia

Terdapat sekitar 100 kosakata bahasa Tagalog yang artinya sama dengan bahasa Melayu/Indonesia (foto: istimewa)

Bahasa Indonesia dan Tagalog atau bahasa Filipino memiliki cukup banyak kesamaan atau hampir mirip dalam Kosa kata dan Pengucapan. Tak heran karena kedua bahasa ini berasal dari akar yang sama yaitu Malayo-Polynesian language family. Hal ini tentunya membuat orang Indonesia relatif mudah mempelajari Bahasa Tagalog dan begitu juga sebaliknya.

Editor : System

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020