trubus.id
Travel » Liburan Nyaman di Obyek Wisata Candi. Ini Dia Tip...
Liburan Nyaman di  Obyek Wisata Candi. Ini Dia Tipsnya

Liburan Nyaman di Obyek Wisata Candi. Ini Dia Tipsnya

Hernawan Nugroho - Kamis, 15 Agu 2019 18:30 WIB

Trubus.id -- Indonesia adalah rumah bagi ribuan candi. Sejarah dan kecantikan mereka yang berusia berabad-abad menjadikan candi salah satu tujuan paling populer di negara ini. Sebut saja Borobudur dan Prambanan di Jawa Tengah dan Muara Takus di Sumatra.

Di balik semua keindahan itu, candi adalah tempat ibadah ketika dibangun, ada sejumlah aturan umum dan khusus yang harus dipatuhi. Di bawah ini adalah sebagian aturan yang disusun oleh Antara:

1. Jangan Sembarangan Selfie

Saat ini aktivitas berwisata nyaris tidak dapat dipisahkan dari mengambil foto narsis, tetapi harus selalu ingat di mana Trubus Mania berada. Keindahan kuil yang agung tidak dapat disangkal, menjadikannya latar belakang yang sempurna dalam sebuah foto. Saat berpose untuk foto di dekat kuil tidak perlu memanjat stupa. Perilaku seperti itu dapat merusak candi, padahal untuk memulihkannya memerlukan waktu dan biaya yang tak sedikit.

Baca Lainnya : Candi Borobudur Punya Inovasi Baru untuk Menarik Wisatawan di Libur Lebaran

2. Katakan Tidak untuk Vandalisme

Candi adalah warisan yang tak ternilai dari zaman kuno. Batu berusia berabad-abad bahan bangunan candi sangat rentan terhadap bahan kimia. Merusak candi dengan meninggalkan bekas atau coretan di atasnya sangat dilarang. Tindakan seperti itu dapat menyebabkan kehancuran batu, dan hilangnya sejarah.

3. Patuhi Aturan-Aturan Khusus 

Sejumlah candi memiliki perangkat aturan yang berbeda. Apa yang diizinkan dalam satu candi mungkin tidak bagi tempat yang lain. Perhatikan selalu aturan dan menunjung tinggi untuk menghormati norma-norma di daerah setempat.

Pengelola Candi Borobudur menyediakan pakaian adat jawa untuk para wisatawan. (Foto: Antara)

4. Hormati Para Peziarah

Beberapa candi masih menjadi tempat pemujaan serta lokasi wisata, seperti Kalasan dan Borobudur untuk umat Buddha dan Cetho dan Prambanan untuk umat Hindu. Doa dan upacara keagamaan mungkin sedang dilakukan saat Trubus Mania mengunjungi obyek tersebut. Selalu prioritaskan dan dahulukan kepentingan para peziarah dengan menonton dengan tenang dari kejauhan.

Baca Lainnya : Kunjungi Candi Tinggi dan 8 Candi Lainnya di Muaro Jambi

5. Selalu Bersikap Berhati-Hati 

Itu terkait dengan beberapa aturan umum kesopanan misalnya tidak membuang sampah sembarangan, tidak boleh berlarian, tidak berbicara dengan suara keras dan tidak kata jorok.

6. Berpakaian dengan Tepat

Pengunjung tidak boleh memakai alas kaki yang dapat merusak batu candi. Alas kaki dengan perlengkapan tajam dan sol keras dapat menyebabkan kerusakan batu yang tidak dapat diperbaiki. Beberapa candi menyediakan pakaian khusus (misalnya pakaian adat setempat) untuk pengunjung.

Editor : System

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020