trubus.id
Ahli Gizi Tidak Rekomendasi Diet Nol-Karbohidrat

Ahli Gizi Tidak Rekomendasi Diet Nol-Karbohidrat

Hernawan Nugroho - Selasa, 06 Agu 2019 09:00 WIB

Trubus.id -- Diet rendah karbohidrat telah populer selama bertahun-tahun. Tapi akhir-akhir ini di Amerika Serikat muncul cara yang dramatis yaitu diet nol-karbohidrat. Hal itu membuat banyak ahli gizi khawatir, termasuk Cynthia Sass dari University of South Florida. Ia mengatakan kepada New York Times bahwa diet tanpa karbohidrat jauh lebih ekstrim daripada diet keto.

Sayuran biasanya mengandung 3 hingga 4 gram karbohidrat (gram karbohidrat total dikurangi gram serat) per mangkuk kecil, dan satu ons kacang menyediakan hal yang sama. Tujuan nol-karbohidrat akan menghilangkan jauh lebih banyak nutrisi yang berfungsi melindungi kesehatan daripada metode diet yang lain.

Menurut Cynthia, diet itu mengatur pola makan, termasuk dengan karbohidrat yang harus berkualitas dan seimbang, bukan dengan cara menghindari mengonsumsinya. Sangat benar bahwa ada beberapa karbohidrat buruk, seperti biji-bijian olahan dan gula rafinasi; tapi itu hanya bagian kecil karbohidrat "jahat".

Baca lainnya: Tak Hanya Turunkan Berat Badan, 5 Jenis Diet Ini juga Bisa Lawan Penyakit Loh

Ia memberikan sebuah analogi bahwa beberapa jenis latihan olahraga dapat menyebabkan cedera. Namun, itu tidak berarti harus menghindari semua kegiatan berolahraga sepenuhnya. Hal yang sama berlaku untuk karbohidrat. Mempertahankan berat badan yang sehat dan mencegah penyakit seperti diabetes tidak perlu hingga batas karbohidrat yang ekstrim rendah.

Ada efek samping dari upaya menghilangkan semua karbohidrat yang sangat berdampak bagi kualitas hidup dan kesehatan. Orang yang melakukan akan kehilangan banyak nutrisi penting yang ditemukan dalam makanan yang dijauhi atau dibatasi itu, termasuk vitamin, mineral, antioksidan, serat, dan prebiotik, dan bahkan lemak sehat. Setidaknya ada 4 efek negatif dari diet nol-karbohidrat itu.

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020