trubus.id
Peristiwa » BMKG Laporkan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjang...
BMKG Laporkan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjang Perairan Banten

BMKG Laporkan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjang Perairan Banten

Binsar Marulitua - Sabtu, 03 Agu 2019 19:30 WIB

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gelombang 4-6 meter berpotensi terjadi di perairan Banten. Selain itu, gelombang  yang masuk kategori berbahaya ini juga bakal menerpa Samudra Hindia barat Lampung dan Samudra Hindia selatan Jawa Barat. 

"Tinggi gelombang 4 hingga 6 meter, (ketagori) berbahaya, berpeluang terjadi di Perairan Selatan Banten, Samudra Hindia Barat Lampung, Samudra Hindia Selatan Jawa Barat," kata Kepala Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono Rahadi Prabowo dalam keterangan tertulis Sabtu (3/8/2019).

Mulyono menjelaskan, peningkatan gelombang gelombang tinggi akibat pola angin di wilayah ekuator umunya dari tenggara- selatan dengan kecepatan 4-25 knot. Sedangkan di wilayah selatan equator umumnya dari timur-tenggara dengan kecepatan 4-30 knot. 

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Jawa hingga Sumba, Laut Sawu, Selat Maasar bagian selatan, perairan barat Sulawesi Selatan, Laut Banda,, Perairan Kepulauan letti hingga Tanimbar dan perairan Kepulauan Kei hingga Aru, Luat Seram, perairan Kepulauan Sangihe -Talaud , Laut Maluku Tengah bagian utara, Laut Halmahera, dan Perairan Sorong - Raja Ampat. 

Baca Lainnya : Belum Surut, Gelombang Tinggi Capai 6 Meter Masih Berpeluang Terjadi Tiga Hari ke Depan

Ia menjelaskan potensi gelombang  setinggi 1,25 hingga 2,5 meter berkategori waspada terdapat pada 32 titik, termasuk di Laut Jawa, Laut Natuna Utara, dan Perairan Sorong Raja Ampat.

Sedangkan  2,5 hingga 4 meter berkategori berbahaya terdapat pada  24 titik. Terjadi di perairan barat Pulau Simeulue sampai ke Kepulauan Mentawai, Selat Sunda bagian selatan, dan Selat Bali.

Baca Lainnya : Nelayan di Sejumlah Perairan Ini Terancam Gelombang Tinggi Capai 6 Meter, Simak Penjelasan BMKG

Mulyono menambahkan gelombang tinggi ini berbahaya bagi pelayaran, mulai dari perahu nelayan hingga kapal pesiar. Ia mengimbau pelayar dan warga sekitar pesisir untuk waspada.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tutup Mulyono.
 

Editor : Binsar Marulitua

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020