trubus.id
Benarkah Minum Air Es Usai Berolahraga Bisa Sebabkan Kematian?

Benarkah Minum Air Es Usai Berolahraga Bisa Sebabkan Kematian?

Thomas Aquinus - Rabu, 31 Jul 2019 22:00 WIB

Trubus.id -- Rutin berolahraga tentu baik untuk kesehatan, namun ketika kondisi tubuh sedang tidak kondusif, bisa saja justru berakibat fatal. Seperti yang dialami seorang pria asal China. Dilaporkan World of Buzz beberapa hari lalu, pria 48 tahun itu tewas usai main bola bersama teman-temannya. Lalu, apa sebab kematiannya?

Setelah menjalani sesi main bola yang intens, dia dan teman-temannya mampir ke gerai BBQ untuk makan. Salah satu teman si pria kemudian mengatakan bahwa wajahnya sedikit pucat padahal dia tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Dia kemudian memesan air es. Namun setelah meminum beberapa teguk, tiba-tiba pria tersebut jatuh ke lantai restoran dan tak sadarkan diri. Temannya panik dan mencari bantuan. Untungnya ada dokter yang sedang makan di sana langsung melakukan penanganan darurat. Namun sayang, nasib sang pria tak terselamatkan. Karena peristiwa ini, banyak netizen di China menduga air es sebagai penyebab kematian, ditambah pria itu sebelumnya jalani olahraga berat.

Baca Lainnya : Terlalu Banyak Squat, Dua Gadis China yang Jarang Olahraga Masuk ICU

Dikutip dari Medical News Today, hal ini tampaknya memang bisa dihubungkan. Kemungkinan pertama, pria ini diduga mengalami brain freeze (sphenopaltine ganglioneralgia) alias sakit kepala pendek akibat mengonsumsi es atau minuman yang sangat dingin secara cepat, yang dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. Sialnya, jika pembuluh darah otak yang terserang, kejadiannya bisa seperti stroke. 

Kemungkinan kedua adalah refleks vagal, yang terdiri atas trias: batuk, muntah, pingsan. Refleks ini berkaitan dengan vagus, saraf otak ke-10. Refleks vagal terstimulasi dengan banyak hal. Salah satunya bisa disebabkan minuman yang amat dingin dan diminum terburu-buru sehingga menyebabkan berhentinya jantung secara mendadak. 

Intinya, air es atau minuman dingin memang tidak disarankan untuk dikonsumsi usai berolahraga. Lebih baik konsumsi minuman bersuhu ruangan atau tidak terlalu dingin ya, Trubus Mania. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

13 Juli 2020
13 Juli 2020
13 Juli 2020