trubus.id
13 Cara Alami Menyingkirkan Lalat Buah

13 Cara Alami Menyingkirkan Lalat Buah

Thomas Aquinus - Selasa, 30 Jul 2019 18:30 WIB

Trubus.id -- Jika kamu pernah melihat serangga kecil mirip nyamuk yang berdengung di dapur, kemungkinan besar mereka adalah lalat buah. Serangga kecil nan menyebalkan ini bisa menjadi masalah sepanjang tahun, tetapi mereka paling umum ada di musim panas dan musim gugur, karena mereka suka buah dan sayuran matang.

Saat kita memiliki tomat, labu, atau buah lainnya dari kebun atau pasar, lalat buah ini biasanya dengan cepat berkumpul di dalam ruangan. Mereka juga cepat terpikat dengan pisang yang terlalu matang, kentang, bawang atau produk tanpa pendingin lainnya yang tersisa di meja atau di dapur. Meskipun buah-buahan dan sayuran yang terlalu matang adalah tempat berkembang biak pilihan mereka, mereka juga akan berkembang biak dalam apa pun yang lembab yang mengandung bahan fermentasi, seperti saluran pembuangan, tempat pembuangan sampah, dan kain lap pembersih. Mereka juga tertarik pada apa pun yang berbau alkohol atau cuka.

Menurut Entomologi Universitas Kentucky, orang dewasa hanya sekitar seperdelapan inci, tetapi seekor lalat betina dapat bertelur hingga 500 dalam siklus hidupnya yang sangat pendek - itulah sebabnya mereka dapat berkembang biak dengan begitu cepat. Satu menit dapur kita baik-baik saja dan selanjutnya sudah dibanjiri dengan lalat buah.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk memerangi lalat buah yang menyebalkan.

Buat Perangkap Lalat Buah

Buat perangkap cuka

Dalam mangkuk atau cangkir, letakkan sedikit cuka. (Jangan gunakan cuka putih, tetapi jenis sari buah, seperti anggur merah, balsamic atau cuka sari apel.) Tutup rapat bagian atas dengan bungkus plastik dan ikat dengan karet gelang. Buat beberapa lubang kecil di bungkus plastik dengan menusuknya dengan tusuk gigi atau gigi garpu. Lalat akan merangkak masuk dan mereka tidak akan bisa merangkak keluar.

Perangkap lalat buah (Foto: MNN)

Kamu juga bisa membuat perangkap dengan menggulung corong dari selembar kertas dan kemudian memasukkannya ke dalam toples yang diisi dengan sedikit cuka sari. Letakkan perangkap di mana pun kamu melihat lalat buah. 

Buat perangkap pisang

Buat perangkap yang sama seperti di atas dengan corong dan tabung, hanya saja tambahkan sedikit pisang matang atau buah lain dengan atau tanpa cuka.

Buat perangkap sabun

Dalam mangkuk atau cangkir kecil, campur beberapa tetes sabun cuci piring dan satu atau dua sendok makan cuka sari bersama air. Cuka akan menarik lalat buah, sementara sabun cuci piring akan memecah ketegangan permukaan pada cairan sehingga mereka akan jatuh dan tenggelam di dalam air. 

Coba tanaman karnivora

Pertimbangkan untuk menanam tanaman karnivora. Populer di kalangan tukang kebun, tanaman ini menjebak lalat buah di daunnya yang lengket lalu memakannya. Dengan cara ini, tanaman akan menjadi dilema bagi lalat buah.

Jangan biarkan kain basah

Jangan menyimpan handuk dapur yang basah atau kain pelapis yang tergeletak di sekitar setelah mereka digunakan. Cobalah untuk mencucinya setiap hari karena dapat menjadi tempat berkembang biaknya lalat buah.

Jangan menyimpan buah matang di atas meja

Letakkan buah matang di lemari es atau bungkus dengan kantong kertas di atas meja. Dingin memperlambat pematangan buah dan perkembangan lalat. "Saat buah matang, ia menurunkan, melepaskan etanol, yang menetas atau menarik lalat," Ron Harrison, direktur teknis Orkin Pest Control, mengatakan kepada MNN. "Mencuci akan memfasilitasi degradasi, seperti halnya ruangan yang hangat."

Segera cuci piring kotor

Mencuci piring setelah selesai menggunakannya dapat sangat membantu mengurangi tempat pengembangbiakan lalat buah sehingga mereka tidak tergoda untuk bertelur di atas piring yang menumpuk di wastafel. Jangan tinggalkan juga berisi cairan sebagai area berkembang biak yang potensial.

Bersihkan saluran pembuangan

Membersihkan saluran pembuangan di wastafel dapur dengan es atau cuka sari apel dapat membantu karena lalat buah suka berkembang biak di saluran pembuangan. Menyalakan kipas dapur juga dapat membantu menjauhkan lalat buah.

Lakukan cek hasil busuk

Entomologi Universitas Kentucky menyarankan bahwa bagian buah dan sayuran yang retak atau rusak harus dipotong dan dibuang jika ada telur lalat buah di daerah yang terbuka. Satu kentang busuk atau bawang yang terbuka begitu saja atau tumpahan jus buah di bawah lemari es dapat membiakkan ribuan lalat buah. Begitu juga tempat sampah yang tidak pernah dikosongkan atau dibersihkan.

Bekukan kompos 

Kebiasaan membuat kompos adalah baik. Dan beberapa serangga sangat bagus untuk tumpukan kompos, tetapi lalat buah dapat mendatangkan malapetaka saat mereka berpindah dari tumpukan sampah ke kebun, bertelur di tanaman yang sedang tumbuh. Membekukan sayuran dan buah-buahan sebelum menjadi kompos bisa membunuh lalat dan telurnya. Sering-seringlah membuat kompos, dan pertimbangkan untuk menggantung perangkap lalat buah di dekat tumpukan kompos. 

Cara Mencegah Lalat Buah 

Coba minyak esensial

Tanaman kemangi dapat mengusir lalat buah. SF Gate menyarankan menempatkan tanaman basil di dekat mangkuk buah atau menaburkan daun basil langsung di atas buah. Lalat buah tidak suka aromanya yang kuat, jadi cobalah merendam spons dengan minyak lavender di meja tempat menyimpan buah. Lalat buah diketahui juga tidak menyukai dupa dan serai, jadi bereksperimenlah sampai kamu menemukan sesuatu yang membuat mereka tidak mendekat.

Cuci produk yang masuk

Mencuci pisang (Foto: LEAFtv)

Tanpa disadari kita dapat membawa pulang lalat buah dari toko bahan makanan dalam bentuk telur, jadi salah satu cara untuk memastikannya tidak sampai di dapur adalah dengan mencuci buah dan sayuran segera setelah tiba di rumah. Kebanyakan orang tidak berpikir untuk mencuci pisang, misalnya. Tapi nyatanya mereka bisa terkena zat lengket dari produk lain dan itu bisa sangat menarik bagi lalat buah. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020